Pertama di Indonesia, Ruang Sidang Digital di PN Bogor Diresmikan

Prim Haryadi menyebutkan ruang sidang dengan fasilitas lengkap dan modern ditunjang dengan digital baru pertama di Indonesia.

Pertama di Indonesia, Ruang Sidang Digital di PN Bogor Diresmikan
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Dirjen Badan Peradilan Umum MA Republik Indonesia Prim Haryadi meresmikan ruang persidangan modern digital di PN Bogor Kelas I B 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Dirjen Badan Peradilan Umum MA Republik Indonesia Prim Haryadi meresmikan ruang sidang modern digital di PN Bogor Kelas I B, Jalan Pengadilan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (7/2/2020).

Prim Haryadi menyebutkan ruang sidang dengan fasilitas lengkap dan modern ditunjang dengan digital baru pertama di Indonesia.

"Peralatan digital, seperti PC, live recording hingga konferensi video hanya ada di PN Bogor, jadi kalau seperti ini baru satu-satunya di Indonesia yang peralatan lengkap seperti ini," katanya usai meninjau fasilitas di PN Bogor Kelaa I B.

Prim Haryadi mengatakan bahwa pengadilan di Indonesia rata rata hanya menyediakan pereman saja tanpa bisa menggunakan fasilutas telekonference dengan menggunakan video secara secara langsung.

Prim mengatakan bahwa hadirnya ruang persidangan tersebut sejalan dengan keinginan MA sesuai peraturan MA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Penuh Elektronik yang juga diperkuat dengan petunjuk teknis pelaksanaan tersebut dengan persetujuan Surat Keputusan Ketua MA Nomor 129 Tahun 2019.

"MA beberapa tahun terakhir sudah mengacu pada peradilan yang modern berbasis teknologi, program ini disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Bogor, dan pendekatan yang dilakukan oleh Pak Wali," katanya.

Keberadaan ruang sidang itu pun merupakan bantuan dari APBD Kota Bogor tahun 2019.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved