Breaking News:

Kembangkan Potensi Desa, Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila Turun ke Leuwisadeng Bogor

Himpunan Mahasiswa Mesin, Universitas Pancasila menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

istimewa
Himpunan Mahasiswa Mesin, Universitas Pancasila menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Baragajet, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Himpunan Mahasiswa Mesin, Universitas Pancasila menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan yang digelar di Kampung Baragajet, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor yang bertajuk 'Mesin Pancasila Bina Desa 2020' digelar sejak hari Senin (10/02/2020) hingga Senin (17/02/2020) mendatang.

Ketua pelaksana M.Alvin Syahputra mengatakan, kegiatan tersebut sabagai salah satu langkah untuk meningkatkan perekonomian Desa Leuwisadeng.

Tak hanya itu, kegiatan yang mengusung tema 'Semangat Solidaritas Mengabdi Untuk Masyarakat' ini, berencana bakal membentuk dan membina potensi UMKM di desa tersebut.

Permasalahannya adalah warga desa masih kekurangan pengetahuan terhadap inovasi pemanfaatan sumber daya alam.

Kurangnya pembekalan yang diberikan kepada warga, menyebabkan produk olahan yang dihasilkan tidak dapat memenuhi potensi yang dimiliki.

Padahal apabila sumber daya alam tersebut dapat dikelola dengan proses produksi yang efektif, maka perolehan laba yang didapat akan optimal.

“Desa ini memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Mulai dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Wilayah desa yang berada di daerah perbukitan memungkinkan untuk berbagai jenis tumbuhan tumbuh subur, yang hasilnya dapat diolah lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin, Universitas Pancasila, Tegar Bima Priambudi mengatakan, untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada Desa Leuwisadeng, Mesin Pancasila Bina Desa 2020, akan melakukan kegiatan yang berfokus pada pembentukan UMKM.

Dimana akan dibentuk UMKM pengolahan bambu, yang bekerja sama dengan pengrajin di daerah sindang barang, bogor yaitu Bambukeun.id.

“Nantinya Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila membuat alat pembelah bambu sendiri yang dirancang khusus oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pancasila. Dan hasil kerajinan bambu tersebut nantinya akan menjadi produk unggulan dari Desa Leuwisadeng yang sudah memiliki pembekalan untuk menghasilkan kerjainan bambu dengan kualitas tinggi. Selain pembentukan dan pembinaan UMKM, Mesin Pancasila Bina Desa 2020 akan membangun penerangan jalan, pembuatan MCK, Penyuluhankesehatan, dan pesta rakyat,” tukasnya.

Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved