Anggota DPRD Kabupaten Bogor Jarang Hadiri Musrenbang, Yusfitriadi : Apa yang Sedang Mereka Kerjakan

apakah Musrenbang merupakan agenda serius dalam rangka menata program pemerintah atau hanya sekedar rutinitas yang dimasukan ke dalam mata anggaran ?.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor Jarang Hadiri Musrenbang, Yusfitriadi : Apa yang Sedang Mereka Kerjakan
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Pengamat Kebijakan Politik Yusfitriadi 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kabupaten Bogor jarang dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Musrenbang sejatinya merupakan sebuah momentum untuk menyerap prioritas-prioritas program pemerintah yang berbasis partisipatif. Namun faktanya tidak semua pihak memberikan perhatian khusus pada penyelenggaraan Musrenbang tersebut," kata Pengamat Kebijakan Politik Yusfitriadi, Kamis (13/2/2020).

Dia menjelaskan yang jadi pertanyaan, apakah Musrenbang merupakan agenda serius dalam rangka menata program pemerintah atau hanya sekedar rutinitas yang dimasukan ke dalam mata anggaran ?.

Sebab, kata dia, Musrenbang di Bogor hanya sekedar acara seremoni tahunan karena seringkali keputusan Musrenbang hanya sekedar keputusan tidak untuk dilaksanakan programnya.

"Sangat terlihat jelas rencana-rencana program yang diusulkan oleh pemerintah kepada DPRD merupakan program copy paste saja, tidak banyak sentuhan-sentuhan kreatifitas, progresifitas dan gagasan-gagasan inovasi. Sehingga tidak akan signifikan program-program pemerintah dalam perkembangan dan pertumbuhan Kabupaten Bogor yang partisipatif," ungkap Yusfitriadi.

Selain itu, kata dia, DPRD terkesan tidak menganggap penting adanya Musrenbang tersebut yang mana fakta kongkritnya tidak banyak anggota DPRD yang menghadiri agenda Musrenbang.

"Pada kemana mereka, apa sebetulnya yang sedang mereka (DPRD) kerjakan. Pembahasan program-program yang merupakan kepentingan masyarakat mereka sangat abai. Kalau pelaksanaan Musrenbang itu serius, maka semua pihak akan mempunyai perhatian khusus terhadap agenda Musrenbang. Namun faktanya tidak begitu sehingga dengan fenomena itu, wajar kemudian muncul pertanyaan dari publik," ungkap Yuafitriadi.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved