Jadi Agen Perubahan, Mahasiswa IPB Wujudkan Lewat Let's Learn How To Be A Social Worker

peserta yang merupakan mahasiswa IPB ini diberi sesi praktik menyusun program pemberdayaan masyarakat desa selama 3 tahun ke depan.

Jadi Agen Perubahan, Mahasiswa IPB Wujudkan Lewat Let's Learn How To Be A Social Worker
TribunnewsBogor.com/Tsaniyah Faidah
mahasiswa Himpunan Ilmu Keluarga dan Konsumen (Himeiko) Departemen HRD, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka pelatihan tentang Lets Learn How To Be A Social Worker. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Sering dijuluki sebagai agen perubahan, mahasiswa memiliki peranan dalam pengabdian masyarakat.

Mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam kontribusi kepada masyarakat melalui ilmu dan kemampuan yang dimilikinya selama mengenyam pendidikan tinggi.

Ada beberapa jenis pengabdian masyarakat yang sering dilakukan oleh mahasiswa, seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan program Bina Desa.

Untuk mengabdi kepada masyarakat lewat program Bina Desa ini, perlu pemahahan soal social worker sebagai profesi pelayanan sosial yang bermuara pada kerja kemanusiaan.

Hal ini yang mendorong mahasiswa Himpunan Ilmu Keluarga dan Konsumen (Himeiko) Departemen HRD, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka pelatihan tentang Let's Learn How To Be A Social Worker.

Ketua Pelaksana Acara, Diar Rizki Fitriani mengatakan, acara ini dilangsungkan untuk mewadahi dan memberikan soft skill pemberdayaan masyarakat lewat program bina desa.

"Harapannya peserta bisa mendapat ilmu tentang pengabdian masyarakat dan bisa mengaplikasikannga, sehingga bermanfaat untuk masyarakat," katanya kepada TribunnewsBogor.com di sela-sela acara, Sabtu (15/2/2020).

mahasiswa Himpunan Ilmu Keluarga dan Konsumen (Himeiko) Departemen HRD, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka pelatihan tentang Lets Learn How To Be A Social Worker.
mahasiswa Himpunan Ilmu Keluarga dan Konsumen (Himeiko) Departemen HRD, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka pelatihan tentang Lets Learn How To Be A Social Worker. (TribunnewsBogor.com/Tsaniyah Faidah)

Selain materi soal social worker, peserta yang merupakan mahasiswa IPB ini diberi sesi praktik menyusun program pemberdayaan masyarakat desa selama 3 tahun ke depan.

Dalam hal ini, mahasiswa dituntut membuat program untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di wilayah terkait.

Adapun program yang dibuat bisa berkaitan dengan masalah lingkungan, sosial, ekonomi, dan politik yang terjadi di daerah terkait.

Menurut Diar, manfaat yang dapat diperoleh dari pengabdian masyarakat, bisa memperluas jaringan bagi mahasiswa dan melatih menggunakan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan.

"Pentingnya pengabdian masyarakat bagi mahasiswa menurut saya karena mahasiswa itu punya ilmu yang lebih sehingga harus berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan, sehingga ilmunya bermanfaat untuk orang lain," kata dia(*)

Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved