Info Tekno

Siap-siap Chrome Akan Blokir File Unduhan yang Tidak Aman

Google kini berencana untuk memblokir seluruh file unduhan yang berasal dari situs HTTP di situs HTTPS dalam peramban Chrome.

Siap-siap Chrome Akan Blokir File Unduhan yang Tidak Aman
Tribun Kaltim
Ilustrasi google 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Meskipun situs dengan protokol "HTTPS" dinilai aman oleh peramban ( browser), tapi dokumen yang menyertai situs tersebut belum tentu aman untuk diunduh ( download).

Pasalnya, unduhan bisa saja berasal dari situs yang tidak terjamin keamanannya, atau berasal dari protokol "HTTP".

Atas dasar itu, Google kini berencana untuk memblokir seluruh file unduhan yang berasal dari situs HTTP di situs HTTPS dalam peramban Chrome.

Menurut pihak Google, hal ini dilakukan untuk membuat perangkat pengguna aman dari beragam program berbahaya yang bisa saja mengintai keamanan dan privasi mereka.

Adapun pemblokiran unduhan yang berasal dari sumber tidak aman ini bakal hadir di Chrome versi 86 yang bakal dirilis pada Oktober mendatang.

Namun, sebelum sampai di sana, Google bakal menggelontorkan sejumlah pembaruan Chrome secara bertahap untuk memperingatkan dan kemudian memblokir unduhan berdasarkan jenis file terlebih dahulu.

Google Assistant Kini Bisa Beri Gombalan Khusus Buat Jomblo dan Patah Hati, Yuk Dicoba !

Di Chrome versi 83 yang bakal dirilis sekitar bulan Juni 2020, misalnya, browser tersebut akan mulai memblokir unduhan semacam aplikasi atau program (executable) dengan ekstensi file ".exe", ".apk", dan sejenisnya.

Sementara di Chrome versi 84 yang rencananya dirilis sekitar Agustus 2020, Google bakal menambah daftar blokir ke beragam dokumen arsip, misalnya unduhan dengan ekstensi file ".zip", ".iso", dan sebagainya.

Ilustrasinya bisa disimak di gambar berikut.

Ilustrasi blokir file unduhan dari beragam versi Chrome.
Ilustrasi blokir file unduhan dari beragam versi Chrome. ((Google Blog) )

Terlepas dari versi tadi, Chrome versi 81, 82, dan 85 sendiri bakal dirilis Google masing-masing sekitar bulan Maret, April, dan September mendatang.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved