Diskusi Saat Pameran Foto Jurnalistik, PFI Bogor Ingatkan Pentingnya Hak Cipta Karya

Ketua PFI Pusat Reno Esnir mengatakan Hak kekayaan intelektual juga tercantum dalam undang undang nomer 11 tahun 2002 tentang hak cipta.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Ketua PFI Bogor Tjahyadi Ermawan (Tengah) ketika melihat salah satu hasil foto yang dipamerkan di Botani Square, Kota Bogor, Rabu (19/2/2020) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor mengadakan diskusi publik tentang foto jurnalistik dan undang-undang hak kekayaan intelektual.

Diskusi publik tersebut merupakan rangkaian kegiatan Pameran Foto Jurnalistik Bogor Dalam Bingkai yang diadakan di Mal Botani Square hingga tanggal 23 Februari 2020.

Ketua PFI Bogor Tjahyadi Ermawan mengatakan diskusi publik trsebut diadakan untuk mengedukasi masyarakat dan para pewarta foto agar mengetahui tentang Hak.

Terlebih dizaman kemajuan teknologi pencurian foto media online banyak sekali terjadi.

"Jadi disini kita sharing pengalaman jurnalistik dan dsakusi publik tentang foto jurnalistik dan haki, pembicara dalam diskusi ini Reno Esnir Ketua PFI Pusat yang juga fotografer antarafoto.com, jadi beliau berbagi ilmu dan pengalaman dengan kita disini," ujarnya.

Sementara itu di lokasi yang sama Ketua PFI Pusat Reno Esnir mengatakan Hak kekayaan intelektual juga tercantum dalam  undang undang nomer 11 tahun 2002 tentang hak cipta.

"Jadi di pasal 1 hak cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaanya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi batasan batasan menurut perundang undangan yang berlaku, itu point pertama san ada beberapa point lagi turunannya," katanya.

Bahkan sanksi bagi seseorang yang sudah dilaporkan ke ranah hukum dan menjalani proses peradilan bisa terkena sanksi pidana ancaman kurungan lima tahun atau denda Rp 500 juta.

"Yang sudah-sudah ujung ujungnya dengan kekeluargaan tapi ada juga yang sampai ke pengadilan," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved