Mahfud MD Bantah Bakal Hidupkan Lagi Penataran P4

Menurut Mahfud MD, ada yang bertanya padanya soal apakah ada penataran seperti P4, terkait dengan penerapan Pancasila dalam kehidupan.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (19/11/2019). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membantah bahwa pemerintah akan menghidupkan kembali penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) yang pernah hadir di era orde baru.

"Itu informasi geblek, tidak ada yang bilang hidupkan penataran P4," ujar Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020).

Menurut Mahfud MD, ada yang bertanya padanya soal apakah ada penataran seperti P4, terkait dengan penerapan Pancasila dalam kehidupan.

Saat itu, kata dia, dirinya menjawab ada penataran ideologi tetapi bukan penataran P4.

Sebab, penataran P4 dianggapnya sudah tidak bisa dihidupkan kembali.

"Ada yang bertanya, apa tidak ada penataran seperti P4? Saya bilang, ada penataran ideologi bukan penataran P4, karena P4 tidak bisa dihidupkan lagi," kata dia.

Dengan demikian, Mahfud MD pun menegaskan tidak akan ada lagi penataran P4 sebab itu hanya omong kosong.

Diberitakan, Mahfud MD mengatakan pemerintah akan kembali menghidupkan P4 dengan format baru.

Soroti Kekecewaan BEM UI, Mahfud MD : Cuma Nama, Tidak Dijelaskan Kasus Apa

Disebut Tekun Dengarkan Aa Gym yang Bicara di ILC, Sudjiwo Tedjo Singgung Reaksi Mahfud MD

Mengutip Antara, hal tersebut disampaikan Mahfud MD saat menjadi pembicara di acara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Senin (17/2/2020).

"Dahulu, sebelum saya meninggalkan BPIP itu sudah ada keputusan kita akan menciptakan penataran-penataran. Jadi, itu sudah dimulai," kata dia.

Halaman
12
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved