Kades Tersangka Korupsi

BREAKING NEWS - Oknum Kades di Bogor Korupsi Dana Desa, Rugikan Negara Rp 500 Juta

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kabupaten Bogor Rolando Ritonga menjelaskan bahwa oknum kades ini berasal dari wilayah Kecamatan Taman

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Seorang oknum kepala desa (kades) di wilayah Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor berinisial A ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor pada Kamis (20/2/2020) karena terjerat kasus tindak pidana korupsi dana desa dengan total kerugian negara mencapai Rp 500 juta. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Seorang oknum kepala desa (Kades) di wilayah Kabupaten Bogor berinisial A ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor karena kasus tindak pidana korupsi.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kabupaten Bogor Rolando Ritonga menjelaskan bahwa oknum Kades ini berasal dari wilayah Kecamatan Tamansari.

"Kemarin kita melakukan upaya paksa berupa penahanan terhadap salah satu tersangka yang berstatus kepala desa di wilayah Kecamatan Tamansari," kata Rolando Ritonga dalam jumpa pers di Kantor Kejari Kabupaten Bogor, Cibinong, Jumat (21/2/2020).

Dia menjelaskan bahwa tersangka oknum Kades ini ditahan karena telah menggunakan uang dana desa untuk keperluan pribadinya sendiri.

Total kerugian negara dari tindakan oknum Kades ini, kata dia, mencapai ratusan juta rupiah.

"Total kerugian yang ditemukan oleh hitungan ekspetorat itu sekitar kurang lebih Rp 500 juta," kata Rolando Ritonga.

Dia menjelaskan bahwa tersangka kini ditahan di Lapas Kelas IIA Cibinong (Pondok Rajeg) sebelum nantinya masuk ke tahap tuntutan di Bandung.

"Pasal yang disangkakan, pasal 2 dan pasal 3 UU Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) dan penahanan sementara kita tahan di Lapas Pondok Rajeg selama 20 hari. Mudah-mudahan dengan penahanan ini bisa langsung segerakan proses penuntutannya di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bandung," ungkap Rolando Ritonga.*

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved