Breaking News:

Jakarta Banjir

Bogor Selalu Disalahkan Bila Jakarta Banjir, Pakar Ungkap Cara Sederhana Tangani Air dari Hulu

Prof hadi mengatakan jumlah air di bumi tidak akan berkurang, oleh karena itu pentingnya membuat sebuah program mitigasi pencegahan dan penanganan ban

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pakar Landscape IPB Prof Hadi Susilo Arifin 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pakar Landscape IPB Prof Hadi Susilo Arifin mengatakan penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan secara bersinergi.

Prof hadi mengatakan jumlah air di bumi tidak akan berkurang, oleh karena itu pentingnya membuat sebuah program mitigasi pencegahan dan penanganan banjir.

"Artinya harus ada infrastruktur yang disiapkan terutama kan Jakarta, artinya harus menyiapkan infrastruktur saya hanya mengingatkan betapa pentingnya infrastruktur untuk air satudiantaranya adalah bendungan," ujarnya, Selasa (25/2/2020) saat ditemui di Balaikota Bogor.

Prof Hadi mengatakan pemerintah sedang menbuat bendungan Sukamahi dan Ciawi.

Namun penanganan banjir tidak berhenti disitu, melainkan harus ada infrastruktur lainnya.

Prof hadi juga membeberkan pihaknya pernah melakukan penelitian soal penanganan banjir.

Salah satu hasil penelitiannya adalah diperlukannya pembangunan coakan untuk menunda air mengali ke hulu

"Di dalam penelitian saya diperlukan adanya coakan sungai jadi ini yang dibuat untuk menampung air, jadi air sungai Ciliwung yang mengaliri tidak langsung ke Jakarta tapi mampir dulu di coakan-coakan itu," katanya.

Prof Hadi menganalogikan jika sepanjang 117 kilometer total panjang Ciliwung, 80 kilometernya dibangun coakan maka diperkirakan akan menampung lebih dari dua juta ribu liter dalam setiap coakan.

"Pembangunannya kan tidak memerlukan lahan besar, di pinggiran sungai itu kan lahan milik negara dan itu dipergunakan untuk membuat itu saya rasa," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved