Breaking News:

Sempat Transit di Singapura, Jemaah Umrah dari Surabaya Kembali ke Indonesia

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatat, ada 2 kali jadwal penerbangan ke Arab Saudi

ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Sejumlah anggota polisi Polres Bandara Soekarno Hatta menghibur para calon jamaah umrah asal Lombok yang gagal berangkat ke Tanah Suci dengan membagikan makanan dan minuman di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menghibur calon jamaah umrah yang gagal berangkat akibat ditutupnya pintu masuk ke Kerajaan Arab Saudi guna menghindari penyebaran virus corona. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sebanyak 438 jemaah umrah sudah terlanjur terbang dari Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju ke Arab Saudi, dengan pesawat charter Saudi Arabia Airlines pada Kamis (27/2/2020).

Selain mereka, ternyata masih ada 51 jemaah dari bandara yang sama, yang juga sudah terbang ke Arab Saudi untuk ibadah umrah.

Mereka menggunakan pesawat reguler Singapura Airlines dan transit sementara di Singapura.

Namun, karena kebijakan penangguhan jadwal ibadah umrah oleh Pemerintah Arab Saudi, puluhan jemaah itu dilarang melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi.

"Ada 51 jamaah yang terbang dengan pesawat reguler dan transit di Singapura, mereka dilarang melanjutkan terbang ke Saudi dan diminta kembali ke Indonesia dengan maskapai Malaysia Airlines," kata Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Yuristo Ardi Hanggoro saat dikonfirmasi Jumat (28/2/2020).

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatat, ada 2 kali jadwal penerbangan ke Arab Saudi dengan pesawat Saudi Arabia Airlines.

Jadwal pertama dengan nomor penerbangan SV 359, berangkat pukul 10.35 WIB.

Pesawat tersebut membawa 438 orang jemaah umrah.

Mulai Hari Ini, KBRI Seoul Tutup Sementara

Ciptakan Lagu untuk Ultah Pernikahan Syahrini dan Reino, Melly Goeslaw : Teruslah Buat Dunia Cemburu

Sementara, untuk jadwal kedua dengan nomor penerbangan SV 3813, terpaksa dibatalkan yang rencananya diterbangkan pada pukul 16.15 WIB.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

Kebijakan ini berlaku mulai Kamis kemarin. Pemerintah Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan, serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transit di Singapura, Jemaah Umrah dari Surabaya Kembali ke Indonesia", .
Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Abba Gabrillin

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved