Breaking News:

Melihat Pemanfaatan Dana Desa di Daerah Pelosok Bogor

Dana Desa yang dikucurkan pemerintah melalui Kementrian Desa (Kemendes) sangat membantu khususnya daerah-daerah desa di pelosok dan terpencil.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Mohamad Afkar Sarvika
istimewa
Melihat Pemanfaatan Dana Desa di Daerah Pelosok di Bogor, Pembangunan Infrastruktur Jalan Mendominasi 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAMAKMUR - Dana Desa yang dikucurkan pemerintah melalui Kementrian Desa (Kemendes) sangat membantu khususnya daerah-daerah desa di pelosok dan terpencil.

Desa-desa pelosok ini jauh dari keramaian seperti pusat-pusat suatu wilayah lainnya.

Seperti Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor yang berada di wilayah timur Kabupaten Bogor.

Lokasi desa ini berjarak hampir 50 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Bogor di Cibinong dengan jarak tempuh sekitar 2 jam bahkan lebih dengan akses jalan naik turun bukit.

Dana Desa yang dikucurkan ke desa ini untuk tahun 2019 sebesar Rp 2,1 Miliar.

Kepala Desa Sukawangi, Endro Hermawanto menjelaskan bahwa pencairan dana desa ini dilakukan melalui tiga tahap yakni tahap satu sebanyak 20 persen, tahap dua 40 persen dan tahap 3 sebanyak 40 persen.

"Tahap 1 dan 2 sudah terealisasikan, tinggal tahap 3 Rp 800 juta. Untuk tahap 3 kita mendapatkan Dana Desa di bulan Desember (2019) akhir," kata Endro Hermawanto kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (29/2/2020).

Endro menjelaskan bahwa di Desa Sukawangi ini ada dua kewenangan, yakni kewenangan pemda atau Pemerintah Kabupaten Bogor dan Pemerintah Desa.

Menurutnya, Pemkab Bogor pun saat ini tengah fokus melakukan pembangunan infrastruktur Jalan Pemda di wilayahnya sepanjang 21 km.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved