Wabah Demam Berdarah

Pasien Meninggal Dunia Akibat DBD di Kota Bogor Bertambah, Totalnya Kini Jadi 5 Orang

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr Sri Nowo Retno mengatakan pasien DBD yang meninggal dunia sudah masuk dalam tahap shock.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr Sri Nowo Retno saat diwawancarai usai memberikan pengarahan pada acara Koordinasi lintas sektoral soal Covid 19 di Ruang Paseban Sri Baduga Komplek Balaikota Bogor, Kamis (12/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Total pasien demam berdarah dengue ( DBD ) yang meninggal dunia di Kota Bogor bertambah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr Sri Nowo Retno mengatakan pasien DBD yang meninggal dunia sudah masuk dalam tahap shock.

"Kelima pasien meninggal dunia di rumah sakit, ketika datang pasien sudah dalam tahap Dengue Shock Syndrome (DSS)," ujarnya saat ditemui di Ruang Paseban Sri Baduga Komplek Balaikota Bogor, Kamis (12/3/2020).

Dr Retno mengatakan masa kritis DBD adalah dihari keempat dan kelima dari hari pertama penderita DBD mengalami demam.

"Dalam kondisi itu penderita DBD mengalami drop  kritis itu hari ke empat ke lima mereka akan drop, kurang asupan cairan kondisi terus menurun dan dia akan masuk dalam tahap shock," ujarnya.

Dr Retno mengatatakan ketika penderita DBD sudah masuk dalam keadaan shock umumnya akan sulit ditolong meski sudah masuk ruang ICU ataupun PICU.

Maka itu Ia akan melakukan koordinasi dengan rumah sakit, untuk menekankan agar pasien yang datang dalam keadaan demam lebih dari dua hari agar dilakukan pemeriksaan darah dan trombosit secara berkala.

"Saya tekankan ke smua rumah sakit seharusnya cek trombosit tuh serial jadi ketika pasien datang dalam.keadaan demam harus segera dicek secara berkala," tegasnya.

Sementara itu untuk antisipasi DBD Dr Retno mengatakan bahwa masyarakat bisa memulai dengan pemberantasan sarang nyamuk dan pola hidup sehat dengan menjaga lingkungan bersih.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved