Hingga Selasa Malam, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Tampung 88 Pasien

Dia menegaskan Wisma Atlet Kemayoran yang notabene sebagai RS Darurat masih memerlukan penyempurnaan.

Hingga Selasa Malam, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Tampung 88 Pasien
ANTARA via Kompas.com
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). Pemerintah menyiapkan 2.500 kamar tidur di tower enam dan tujuh Wisma Atlet yang digunakan sebagai RS Darurat Covid-19 untuk penanganan pasien Covid-19.(ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengungkapkan terdapat 88 pasien yang tengah mendapat perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran per Selasa (24/3/2020) sore.

"Update pasien di RS Darurat Wisma Atlet sampai dengan pukul 18.30 WIB (kemarin), jumlah 88, dirawat 86 orang (43 pria dan 43 wanita)," ujar Yudo, Selasa (24/3/2020).

Yudo juga mengungkapkan terdapat dua pasien yang saat ini masih menunggu hasil lab.

Dia menegaskan Wisma Atlet Kemayoran yang notabene sebagai RS Darurat masih memerlukan penyempurnaan.

"Peralatan medis dan APD sudah cukup, tinggal penyempurnaan karena memang wisma disulap jadi RSD, jadi wajar harus ada penyempurnaan," katanya.

Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengungkapkan, 71 pasien yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran dalam kondisi sakit ringan dan sedang.

dr Tirta Sentil Atta Halilintar hingga Reza Arap soal Bantuan saat Wabah: Jual 1 Mobilmu Lalu Donasi

Bisa Dongkrak Imunitas, Catat Resep Infused Water Lemon dan Jeruk Nipis

"Secara umum kondisi mereka adalah dalam kondisi sakit ringan, sedang," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Selasa (24/3/2020).

Berdasarkan data, RS Darurat Covid-19 telah menerima 102 pasien hingga Selasa (24/3/2020) siang.

Setelah menjalani pemeriksaan, petugas kemudian memulangkan 31 pasien karena dianggap tidak perlu mendapat perawatan.

Sedangkan, dari 71 pasien yang menjalani perawatan, dua pasien di antaranya akan dipindah ke rumah sakit rujukan di RSPAD Gatot Soebroto.

"Ada dua yang kita lihat, ada faktor komorbid yang mempengaruhi, oleh karena itu kita rujuk menuju rumah sakit rujukan adalah RSPAD yang waktu itu kita tempatkan," kata Yuri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Per Selasa Malam, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Tangani 88 Pasien", .
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Krisiandi

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved