Teror Virus Corona

Hasil Tracing Pelatihan Petugas Haji di Surabaya, 4 Peserta Positif Covid-19, 14 PDP

saat pelatihan ada seorang peserta dan narasumber yang sakit, dan belakangan diketahui bahwa keduanya positif Covid-19

KOMPAS.com/GHINAN SALMAN
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menceritakan kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini usai menjenguk di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/7/2019). 

TRIBUNNRWSBOGOR.COM - Sebanyak empat orang dinyatakan positif Covid-19, dan 14 lainnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) setelah mengikuti Pelatihan Petugas Kesehatan Haji di Asrama Haji Surabaya selama sembilan hari sejak 9-18 Maret 2020 lalu.

Berdasarkan penelusuran tim tracing Covid-19 Pemprov Jawa Timur, saat pelatihan ada seorang peserta dan narasumber yang sakit, dan belakangan diketahui bahwa keduanya positif Covid-19.

"Setelah dilakukan serangkaian penelusuran dan pemeriksaan, akhirnya diketahui 14 orang dari peserta pelatihan tersebut dinyatakan PDP dan 4 lainnya positif," kata Ketua Tim Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jawa Timur, Kohar Hari Santoso di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (28/3/2020) sore.

Beberapa peserta juga berinisiatif untuk langsung melakukan isolasi mandiri karena mereka sebagian besar adalah tenaga kesehatan.

"Kami terus melalukan tracing dengan menelusuri para peserta by name by adress," ujarnya.

Pelatihan tersebut digelar selama 9 hari sejak 9-18 Maret 2020 lalu di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Kegiatan tersebut dihadiri 413 peserta dari kabupaten dan kota di Jawa Timur di antaranya Kediri, Tuban, Nganjuk, Gresik, dan Lamongan.

"Ada juga peserta dari Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur," kata Kohar.

Jumlah positif Covid-19 bertambah
Sementara itu, jumlah pasien terpapar Covid-19 di Jawa Timur terus bertambah per Sabtu (28/3/2020) sore pukul 16.00 WIB. Jumlah pasien postif dari 66 orang bertambah 11 orang menjadi 77 orang.

"Dari 11 orang, 7 orang dari Surabaya, 1 orang dari Kota Kediri, 1 orang dari Gresik, dan 1 orang lagi dari Sidoarjo," terang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Sabtu sore.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah dari 267 orang menjadi 309 orang. Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah dari 3.781 menjadi 4.568. 

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved