Info Kesehatan

Tips Dokter : Ini Cara Jaga Imunitas untuk Wanita Hamil, Jangan Konsumsi Sembarangan Jamu

Menjaga imunitas sampai saat ini masih menjadi dianggap sebagai langkah pencegahan virus corona (Covid-19).

net
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM -- Menjaga imunitas sampai saat ini masih menjadi dianggap sebagai langkah pencegahan virus corona ( Covid-19 ).

Upaya itu dilakukan seiring belum adanya vaksin maupun obat sebagai penangkal virus tersebut.

Untuk menjaga imunitas tubuh, di antaranya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Bagi ibu yang sedang hamil, Dr. Ivander Utama, SpOG yang bertugas di RSIA Bunda Jakarta dan Morula IVF, menyarankan untuk memenuhi zat gizi dari berbagai jenis sayur-sayuran, terutama sayuran berwarna hijau pekat.

“Makanan sayuran berdaun hijau pekat banyak mengandung micronutrient atau zat gizi yang diperlukan tubuh,” kata dr. Ivander kepada Tribunnews.com, Senin (16/3/2020).

Selain itu konsumsi juga daging apapun cara memasaknya yang pasti makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus benar-benar matang.

“Daging merah yang penting matang sempurna untuk mencukupi kebutuhan macro-micronutrien yang merupakan kunci untuk daya tahan tubuh selama hamil,” ungkap dr. Ivander.

Bagi ibu hamil yang mengonsumsi obat pengencer darah disarankan untuk menghindari jenis jamu yang mengandung jahe dan kunyit.

Alasannya jamu dan kunyit punya efek mengencerkan darah yang harus dihindari ibu hamil yang bermasalah dengan kekentalan darah.

“Terutama untuk bumil yang mengonsumsi obat pengencer darah baik dalam bentuk oral maupun suntik, hati-hati pada jamu yang mengandung jahe dan kunyit, karena memiliki efek mengencerkan darah,” ungkap dr. Ivander.

Terakhir dr. Ivander mengingatkan untuk ibu hamil mengonsumsi vitamin tambahan baik tapi tidak terlalu berlebihan, lebih baik utamakan makanan sehat dan istirahat yang cukup.

“Obat-obatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga saat ini belum terbukti efektif dalam mencegah infeksi virus corona. Oleh karena itu tidak perlu minum berlebihan dan menimbun vitamin. Jaga kesehatan dengan cukup tidur, istirahat dan tidak panik,” pungkas dr. Ivander.

(Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy) 

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved