Info Kesehatan

Sesuai Riset, Jatuh Cinta Ternyata Bisa Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Memiliki pasangan memang membantu kita untuk keluar dari kesepian yang berefek buruk pada kesehatan fisik dan mental kita.

net
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kabar baik untuk semua orang yang sedang di mabuk asmara. Ternyata, jatuh cinta dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal tersebut telah dibuktikan lewat riset yang diterbitkan dalam Journal Psychoneuroendocrinology.

Dalam riset tersebut, peneliti mengungkap bahwa jatuh cinta dapat meningkatkan aktivitas gen tertentu, termasuk gen yang berperan untuk melawan virus.

Melansir laman Insider, riset tersebut dilakukan dengan meneliti 47 wanita, di mana pada awal riset semua peserta baru saja memiliki kekasih atau berada dalam hubungan romantis.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, peneliti mengambil sampel darah peserta dan meminta mereka untuk mengisi kuesioner mingguan yang berisi pertanyaan khusus tentang hubungan yang mereka jalani.

Setelah melakukan semua tahap penelitian dalam waktu 24 bulan, peneliti menemukan adanya peningkatan aktivitas gen daya tahan tubuh pada semua peserta.

Namun, peningkatan aktivitas gen tersebut tidak ditemukan pada peserta yang telah berpisah dengan pasangannya.

Memiliki pasangan memang membantu kita untuk keluar dari kesepian yang berefek buruk pada kesehatan fisik dan mental kita.

Viral Kisah Drivel Ojol Lindungi Pesanan dari Semprotan Disinfektan, Pemesannya Beri Respon Begini

Waspada Mata Merah dan Berair Gejala Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Mata

Para ahli telah membuktikan, bahwa kesepian dapat memicu peradangan, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan depresi.

"Peradangan bisa berakibat fatal bagi kesehatan, dan kesepian adalah salah satu pemicu kematian terbesar," kata Damian Murray, yang memimpin riset tersebut.

Halaman
123
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved