Teror Virus Corona

Ini Kategori Orang yang Perlu Isolasi Mandiri untuk Cegah Penularan Corona

Ahmad Yurianto, mengatakan esensi utama dalam pelaksanaan isolasi mandiri adalah memisahkan orang yang berpotensi sebagai sumber penyebar virus.

Christian Slater/Pixabay
Ilustrasi pemakaian masker untuk cegah penyebaran Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Isolasi atau karantina mandiri dianggap menjadi kunci pencegahan penularan dan penyebaran virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab pandemik global Covid-19.

Dijelaskan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan untuk Covid-19, Ahmad Yurianto, mengatakan esensi utama dalam pelaksanaan isolasi mandiri adalah memisahkan orang yang berpotensi sebagai sumber penyebar virus kepada orang-orang di sekitarnya.

" Karantina atau isolasi itu memisahkan sumber (orang berpotensi atau positif Covid-19) dan masyarakat rentan," kata Yuri dalam Facebook live Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Senin (6/4/2020).

Lantas siapa saja kategori orang yang seharusnya melakukan isolasi atau karantina mandiri?

1. Orang sakit

Masih menurut Yuri, orang sakit yang dimaksudkan dalam kategori ini adalah mereka yang sudah melakukan pemeriksaan swab dan ditemukan adanya virus SARS-CoV-2 di tubuhnya.

Orang tersebut sudah jelas positif Covid-19 dan dianggap sakit, serta sangat berpotensi sekali untuk menularkan virusnya ke orang lain.

2. Orang yang mungkin sakit

Orang dengan kategori yang mungkin sakit, disebutkan Yuri adalah orang yang pernah melakukan tes rapid, dan hasilnya positif.

Orang yang memiliki hasil positif pada rapid test ini, diyakini dan sangat mungkin sekali menderita sakit Covid-19.

Halaman
123
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved