Teror Virus Corona

Covid-19 Makin Mengganas di Amerika Donald Trump Ancam Potong Anggaran WHO, Ternyata Ini Pemicunya

Trump menilai otoritas kesehatan di bawah PBB itu bersikap bias terhadap China selama berlangsungnya wabah virus corona atau Covid-19.

Kompas.com
Donald Trump 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Merasa diperlakukan berbeda, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam bakal memotong anggaran Badan Kesehatan Dunia ( WHO).

Menurut presiden 73 tahun itu, otoritas kesehatan di bawah PBB itu bersikap bias terhadap China selama berlangsungnya wabah virus corona atau Covid-19.

Kepada awak media, Trump menyatakan dia akan "menahan dana berdasarkan kewenangannya" anggaran WHO, yang mayoritas bersumber dari AS.

"Kami akan menahan uang yang dihabiskan untuk badan kesehatan WHO," ujar presiden dari Partai Republik itu, seperti dikutip AFP Selasa (7/4/2020).

Jam Operasional Kendaraan Umum di Jakarta Dibatasi Selama PSBB

Ini Cara Jaga Imunitas untuk Wanita Hamil yang Disarankan Dokter

Dia tidak memberikan rincian berapa persen anggaran yang dia tahan.

Beberapa menit kemudian, dia mengklarifikasi pernyataannya.

"Saya tidak menyatakan akan langsung melakukannya. Kami akan meninjaunya pada akhir masa pendanaan," lanjut suami Melania tersebut.

Jika merujuk kepada ucapan sang presiden, alasan karena pendanaan WHO dipersulit karena mereka terlalu bias kepada China selama virus corona mewabah.

Kronologi 73 Jemaah Tabligh Positif Covid-19, Bermula Tanggal 26 Maret & Diisolasi ke RS Wisma Atlet

Komentarnya itu merujuk kepada kicauannya di Twitter, di mana dia menuduh organisasi yang dipimpin Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus itu terlalu "China-sentris".

Dia mempertanyakan mengapa induk kesehatan dunia itu memberikan "rekomendasi yang salah", nampaknya sikap kontra WHO terhadap pembatasan akses penerbangan ke Negeri "Panda".

Anies Baswedan : Tak Diizinkan Kerumunan Lebih dari 5 Orang di Seluruh Wilayah Jakarta

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved