Teror Virus Corona

Lakukan Ini Agar Barang Belanja dan Makanan Delivery Bebas Corona, Saran Pakar IPB

Lalu untuk makanan siap saji atau delivery yang dibeli di warung makanan atau restoran, Husnawati menyarankan untuk dipanaskan lagi.

pixabay
Sayuran 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kebersihan merupakan aspek penting untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi penyakit Covid-19.

Tak hanya kebersihan diri, kebersihan rumah hingga makanan juga harus diperhatikan.

Dosen medicinal biochemistry Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University Husnawati, MSi menganjurkan masyarakat agar menerapkan dan memaksimalkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dalam segala aspek untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Hanya saja, tak semua hal bisa dipastikan kebersihannya, misalnya saja untuk barang belanjaan atau makanan siap saji yang dibeli dari luar.

Menurut Husnawati yang juga berprofesi sebagai dokter umum, hal yang harus diperhatikan ialah bagaimana membersihkan barang-barang yang datang dari luar, misalnya paket, belanjaan, pesanan makanan, dan lainnya.

Saat akan masuk rumah, lanjutnya, kita harus menganggap bahwa barang-barang yang dibawa dari luar semuanya punya risiko terkontaminasi virus.

Maka perlu untuk segera dibersihkan, sebelum disentuh oleh orang lain yang ada di rumah.

Untuk barang-barang yang sifatnya awet seperti bahan-bahan detergen, makanan ringan yang dikemas plastik, dan tidak harus buru-buru dipakai, Husnawati menganjurkan untuk meletakkannya di tempat yang jarang dijangkau tangan dan biarkan selama tiga hari.

“Sebenarnya di bahan-bahan plastik, half life-nya virus SARS-COV2 itu sekitar 16 jam dan detection limit sampai 72 jam. Jadi, amannya dengan membiarkan tanpa disentuh selama tiga hari, insya Allah kalau ada virus yang nempel di barang-barang tersebut, virus akan hilang,” papar Husnawati dalam keterangan tertulis di laman IPB, Kamis (9/4/2020).

Sementara untuk barang-barang yang sifatnya tidak tahan lama seperti sayur dan buah, baiknya segera dicuci dengan sabun cuci khusus yang aman untuk buah dan sayur.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved