Breaking News:

Menurut Survei, Kerja dari Rumah Bisa Sebabkan Masalah Mental

Namun, sebuah studi mengungkapkan bahwa sebagian masyarakat yang menjalani WFH justru mengalami gangguan ringan terhadap kesehatan mental.

Editor: Vivi Febrianti
Engin_Akyurt/Pixabay
Ilustrasi work from home atau bekerja di rumah sebagai upaya penyebaran virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sebagian besar masyarakat kini sedang menjalani pembatasan fisik (physical distancing) karena dampak pandemi Covid-19.

Sebagian pekerja pun terpaksa melakukan aktivitas pekerjaannya dari rumah (work from home).

Banyak dari kita yang mungkin berpikir WFH tak begitu buruk.

Misalnya, karena kita tak perlu menempuh macet dan perjalanan jauh menuju kantor, hingga bisa bekerja nyaman dari rumah.

Namun, sebuah studi mengungkapkan bahwa sebagian masyarakat yang menjalani WFH justru mengalami gangguan ringan terhadap kesehatan mental.

Dilansir dari Fox, studi dilakukan oleh para peneliti dari Keio University di Tokyo secara online pada 26-28 Maret 2020 dan melibatkan 8.475 karyawan, termasuk pekerja tidak tetap, dengan rentang usia 20 hingga 64 tahun.

Dari responden yang mengatakan WFH memperburuk kondisi mental mereka, 41,3 persen di antaranya mengaku sulit untuk memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka.

Sedangkan 39,9 persen lainnya mengatakan sulit mendapatkan waktu untuk cukup berolahraga dan 39,7 persennya mengatakan mereka mengalami kesulitan berkomunikasi dengan rekan kerja.

Profesor Isamu Yamamoto dari Fakultas Bisnis dan Perdagangan Universitas Keio, yang melakukan survei, mengatakan bahwa WFH meningkatkan risiko jam kerja yang semakin lama.

Situasi ini juga membuat batasan jam kerja dan kehidupan pribadi menjadi kabur.

Maka, penting untuk dibangun sebuah sistem baru untuk mengatasi semua permasalahan ini.

"Penting untuk membangun sistem yang baku di mana pekerjaan dapat dilakukan secara terencana, seperti dengan menetapkan jam kerja (saat WFH) dan waktu kontak dengan atasan," ungkapnya.

Bagaimana denganmu, apakah WFH juga membuatmu semakin stres dengan pekerjaan?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei: Kerja dari Rumah Bisa Sebabkan Masalah Mental"
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Lusia Kus Anna

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved