Breaking News:

200 Ribu Orang Ikut Program Kartu Prakerja, Peserta Lolos Bakal Dapat Notifikasi dan SMS

peserta yang lolos untuk mendapatkan manfaat Kartu Prakerja senilai Rp 3,55 juta tersebut bakal menerima notifikasi melalui pesan singkat atau SMS

Tribunnews.com
Kartu Pra Kerja untuk warga yang terkena dampak Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Jumlah penerima program Kartu Prakerja ditingkatkan dari yang sebelumnya 164.000 menjadi 200.000.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, peserta yang lolos untuk mendapatkan manfaat Kartu Prakerja senilai Rp 3,55 juta tersebut bakal menerima notifikasi melalui pesan singkat atau SMS mulai Sabtu (18/4/2020) hingga Senin (20/4/2020) pukul 10.00 WIB.

"Dari 200.000 nanti akan diberikan notfikasi melalui SMS dari mulai Sabtu sampai Senin dan kemudian dari Senin di antara waktu itu ada secara bergelombang diinformasikan melalui SMS sudah bisa memilih pelatihan," ujar Airlangga ketika memberikan keterangan melalui konferensi video.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja di dashboard.prakerja.go.id, Gelombang Pertama Segera Ditutup

Nantinya, peserta yang telah mendapatkan notifikasi berupa 16 digit kode unik tersebuk bisa memulai memilih pelatihan yang diinginkan.

Jadwal Lengkap Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Ini Pilihan Pelatihannya

Hingga akhirnya, jika pelatihan sudah rampung dilakukan, maka secara otomatis sistem akan membuat virtual account atau e-wallet untuk menyalurkan insentif yang ditransfer melalui Bank BNI.

"Sehingga setelah pelatihan minggu depan sudah ada peserta Kartu Prakerja yang mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 untuk program Kartu Prakerja. Dan tentunya nanti akan ada evaluasi dalam bentuk survei yang setiap survei diberi Rp 50.000 (untuk tiga kali survei)," jelas Airlangga.

"Kemudian sesudah yang pertama Rp 600.000 akan terus diberikan dibulan-bulan berikutnya selama empat bulan," ungkap dia.

Link Pendaftaran Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id, Buat Akun dan Ikut Tes Dulu

Airlangga pun menjelaskan, jika dana pelatihan yang diberikan pemerintah masih bersisa, maka peserta Kartu Prakerja bisa mengambil pelatihan berikutnya jika sudah rampung menyelesaikan pelatihan pertama.

Berdasarkan data per hari ini pukul 16.00 WIB, terdapat 5,96 juta orang yang telah melakukan registrasi program kartu prakerja dengan 4,42 yang sudah melalui tahap verifikasi e-mail.

3 Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id, Berikut Cara Daftar hingga Jumlah Tunjangan.
3 Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id, Berikut Cara Daftar hingga Jumlah Tunjangan. (Instagram @prakerja.go.id)

Berdasarkan data tersebut, dari 3,29 juta yang telah melalui tahap verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), sebanyak 2,78 juta berhasil lolos untuk melalui proses pengacakan sistem untuk bergabung sebagai peserta gelombang pertama program Kartu Prakerja yang sebanyak 200.000 orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " Lolos Kartu Prakerja, 200.000 Peserta Bakal Dapat SMS Notifikasi"

Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor: Soewidia Henaldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved