Breaking News:

Wishnutama Sebut Pekerja Seni Bakal Dapat Bansos

nantinya Kemenparekraf juga akan memfasilitasi pendaftaran Kartu Prakerja bagi para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena PHK

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama melakukan kunjungan ke Badan Informasi Geospasial (BIG) di Jalan Raya Jakarta - Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (20/2/2020). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan, pekerja kreatif di bidang seni akan mendapat bantuan sosial ( bansos) saat pandemi Covid-19.

Pemerintah, kata dia, mempertimbangkan bahwa para pekerja seni terdampak kebijakan pembatasan sosial untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Wishnutama menambahkan, pemberian bansos kepada pekerja seni juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Khusus untuk pekerja kreatif yang berkaitan dengan seni kita bekerja sama juga dengan Kemensos untuk berikan bansos secara langsung. Ini juga sedang dalam perencanaan agar lebih tepat sasaran," kata Wishnutama usai rapat bersama Presiden Joko Widodo melalui konferensi video, Kamis (16/4/2020).

Ojek Online Tetap Dilarang Bawa Penumpang Selama PSBB di Kabupaten Bogor

Punya 6.500 Karyawan, Ruben Onsu Stres Hadapi Imbas Covid-19 : Lebih Seram dari Cerita Ilmu Hitam

Ia menambahkan, nantinya Kemenparekraf juga akan memfasilitasi pendaftaran Kartu Prakerja bagi para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena PHK.

Selain itu, ia akan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk memfasilitasi penyaluran insentif kepada pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.

"Berkaitan dengan Kartu Prakerja. Tadi Ibu Menaker dan kami, dan kami juga terus melakukan berbagai macam koordinasi. Ada 1,1 juta yang terkait tenaga kerja yang dapat Kartu Prakerja. Kira-kira yang bisa mendapatkan itu 1,1 juta orang," ujar Wishnutama.

"Lalu dengan Menkop UKM ada 2,1 juta UMKM yang terkait juga dengan pariwisata yang kita akan bantu bersama Menkop UKM," lanjut dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menparekraf Wishnutama Sebut Pekerja Seni Akan Dapat Bansos", .
Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Krisiandi

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved