Pasien Sembuh di Korea Selatan Dinyatakan Positif Covid-19 Lagi, Kenapa ?

Atau, beberapa pasien mungkin memiliki kondisi tertentu yang membuat mereka rentan terhadap virus yang kembali hidup dalam sistem tubuh mereka.

YONHAP/EPA-EFE
Antrean di sebuah apotek di Korea Selatan, saat virus corona mewabah dan ditetapkan WHO sebagai pandemi. Gambar diambil pada Minggu (15/3/2020). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Para pejabat kesehatan Korea Selatan saat ini sedang menyelidiki penyebab pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 kembali dinyatakan positif virus corona.

Menurut para ahli, penyebabnya di antaranya infeksi ulang, kambuh, atau tes yang tidak konsisten.

Dilansir dari Reuters, Jumat (17/4/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah melaporkan 141 kasus pasien sembuh kembali positif Covid-19 pada Kamis (16/4/2020).

Infeksi ulang atau kambuh?

Meski infeksi ulang atau re-infeksi akan menjadi skenario paling memprihatinkan karena berimplikasi pada pengembangan kekebalan dalam satu populasi, tetapi KCDC dan banyak ahli menilai kemungkinan itu sangat kecil, bahkan tak mungkin.

Sebaliknya, KCDC berpandangan, hal itu terjadi karena kambuh atau reaktivasi virus.

Kambuh, artinya, sebagian virus memasuki keadaan tidak aktif untuk sementara waktu.

Atau, beberapa pasien mungkin memiliki kondisi tertentu yang membuat mereka rentan terhadap virus yang kembali hidup dalam sistem tubuh mereka.

Baru-baru ini, para dokter di China dan Amerika Serikat melakukan penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa virus corona dapat merusak limfosit T atau dikenal sebagai sel T.

Sel itu memainkan peran sentral dalam sistem kekebalan tubuh dan memiliki kemampuan untuk melawan infeksi.

Halaman
123
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved