Esti Puji Lestari Ingin Semangat Kartini Hadir untuk Kesetaraan Sepakbola Wanita

Esti Puji Lestari bersyukur lantaran pernah belajar dan mendalami terkait sosok Raden Ajeng Kartini ketika dirinya berada di Jepara, Jawa Tengah.

dok pribadi Esti Puji Lestari
Esti Puji Lestari 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Esti Puji Lestari bersyukur lantaran pernah belajar dan mendalami terkait sosok Raden Ajeng Kartini ketika dirinya berada di Jepara, Jawa Tengah.

Bertepatan dengan Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April tersebut, Esti mengatakan bahwa RA Kartini selalu menginspirasi kaum hawa untuk berpikir lebih maju.

"Menurut saya Ibu Kartini adalah sosok yang sangat menginspirasi kebetulan saya mempelajari kiprah beliau selama saya di Jepara. Beliau sangat luar biasa," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (21/4/2020).

Lebih lanjut, perempuan yang saat ini menjabat sebagai Direktur Sumberdaya Manusia di PS Tira Persikabo itu tak kuasa menahan decak kagum lantaran perjuangan yang telah dilakukan RA Kartini.

"Beliau adalah contoh bahwa wanita yang terbelenggu tradition bisa mendobrak keterbatasan dan menyuarakan aspirasinya sampai menulis surat ke Belanda," jelasnya.

Dalam kehidupan nyata sebagai elemen yang ada di dunia persepakbolaan tanah air, Esti berharap agar tidak ada lagi yang memandang sebelah mata peran perempuan dalam membangun sepakbola nasional.

"Suka duka saya sebagai pelaku sepakbola di Indonesia tentunya kita selalu diberi standar lebih tinggi dari laki-laki dalam kiprah kita, kita dituntut lebih paham, lebih menguasai, lebih berprestasi padahal belum tentu pria bisa melakukan hal sama dengan kita dibidang ini," jelasnya.

"Tapi ini lebih ke edukasi dan kebiasaan lama saja , saya harap ke depan kita bisa saling menghargai dan memiliki kesempatan yang sama di sepakbola," sambungnya.

Selain itu, perempuan yang lahir di Sukabumi 27 Maret 1980 itu berharap agar di dalam dunia si kulit bundar tidak ada lagi diskriminasi tertentu.

"Harapan saya ya tadi , semangat Kartini ini lebih nyata dalam perilaku dan sikap untuk kesetaraan di sepakbola Indonesia bagi laki-laki maupun perempuan," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved