Breaking News:

Anies Terbitkan Pergub, Larang Warga di Jakarta Keluar Jabodetabek

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengeluarkan aturan baru yang melarang warganya keluar berpergian ke luar kota.

Kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (11/3/2020).(KOMPAS.com/NURSITA SARI 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengeluarkan aturan baru yang melarang warganya keluar berpergian ke luar kota.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan/atau Masuk DKI Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Dengan adanya Pergub ini, maka seluruh penduduk di DKI Jakarta tidak diizinkan bepergian keluar kawasan Jabodetabek," ucap Anies, Jumat (15/5/2020).

"Dibatasi sehingga kita bisa menjaga agar virus Covid-19 bisa terkendali," sambungnya.

Adapun peraturan ini akan mulai berlaku sejak diterbitkan pada tanggal 14 Mei 2020.

Dengan adanya peraturan ini, Anies menyebut, petugas di lapangan bisa menindak masyarakat yang masih nekat meninggalkan Jakarta.

"Dengan aturan ini, petugas di lapangan akan memiliki dasar hukum yang kuat ubtuk mereka bekerja mengendalikan pergerakan penduduk," ujarnya di Balai Kota.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan, aturan ini berlaku untuk seluruh warga Jakarta.

Pengecualian diberikan kepada 10 jenis pekerjaan dan 11 sektor usaha yang telah diatur dalam Pergub No 33/2020 tentang Pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta.

Namun, ada beberapa ketentuan tambahan, dimana mereka harus mendapat surat izin resmi dari Pemprov DKI bila ingin meninggalkan Jakarta.

"Mereka yang diekcualikan tidak oromatis bisa bepergian, tapi mereka harus mengurus surat izin secara virtual," kata Anies.

Surat izin tersebut bisa didapat lewat website tanggap Covid-19 milik Pemprov DKI (corona.jakarta.go.id).

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul BREAKING NEWS Keluarkan Aturan Baru, Anies Baswedan Larang Warga Jakarta Keluar Kota

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved