Sidak Kepasar Saat Dini Hari, Petugas Temukan Tulur Infertil Tak Layak Jual

Sidak tersebut digelar untuk mengantisipasi beredarnya daging oplosan sapi dan celeng sekaligus memantau ketersediaan stok pangan jelang Hari Raya Idu

Dok Pemkot Bogor
Petugas gabungan yang tergabung dalam Tim Satgas Pangan yang terdiri dari Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan bersama Polresta Bogor Kota melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke dua titik pasar di Kota Bogor, Sabtu (16/5/2020) dini hari. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tim Satgas Pangan yang terdiri dari Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan bersama Polresta Bogor Kota melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke dua pasar di Kota Bogor, Sabtu (16/5/2020) dini hari.

Sidak tersebut digelar untuk mengantisipasi beredarnya daging oplosan sapi dan celeng sekaligus memantau ketersediaan stok pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Dari hasil sidak tersebut petugas menemukan pedagang yang menjual telur infertil atau hatched egg (HE), baik di Pasar Bogor maupun pasar Anyar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyatakan telur HE ini seharusnya tidak boleh diperdagangkan.

Telur HE sendiri berasal dari perusahaan-perusahaan pembibitan (breeding) ayam broiler atau ayam pedaging.

Telur tersebut bisa berasal dari telur fertil namun tak ditetaskan perusahaan breeding, tetapi seharusnya tak dijual sebagai telur konsumsi di pasar. 

“Pedagang menjualnya dengan kondisi sudah direbus, memang masih layak konsumsi tapi tidak boleh diperjualbelikan, yqng tidak boleh dikonsumsi yang dijual dalam keadaan rusak, itu banyak kami temukan dalam sidak semalam,” kata Anas

Ia menambahkan, akan melakukan pendalaman terhadap temuan ini hingga mencari perusahaan yang mendistribusikan telur HE tersebut.

“Untuk penjualannya ada sanksi, baik teguran maupun pidana, kita bekerjasama dengan kepolisian mencari sumbernya, infonya dari luar Kota Bogor, kayatanya

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved