Info Otomotif

Ini Efek pada Mesin Mobil bila Diisi Bensin Eceran

Selain itu, jika darurat karena kehabisan bensin di tengah jalan yang jauh dari SPBU, bensin eceran bisa menjadi solusi.

Facebook Video Gambar Dan Cerita Lucu (VGCL Grup Humor)
Ilustrasi bensin eceran 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Membeli bensin eceran untuk mobil memang tidak dilarang.

Selain itu, jika darurat karena kehabisan bensin di tengah jalan yang jauh dari SPBU, bensin eceran bisa menjadi solusi.

Lalu, bagaimana efek jika menggunakan bensin eceran?

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, mobil menggunakan bensin eceran sebenarnya tidak masalah, selama oktannya sesuai dengan spesifikasi mesinnya.

“Mobil dengan bahan bakar bensin sekarang biasanya memakai tekanan kompresi yang tinggi. Jadi butuh bensin dengan angka oktan yang tinggi agar tenaga maksimal dan irit BBM,” kata Suparna kepada Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Suparna menjelaskan, selama menggunakan bensin eceran dan saat diecer tidak mengalami penurunan kualitas dan angka oktannya sesuai pasti tidak masalah.

Namun, ketika beli bensin eceran, belum tentu kualitasnya tetap terjaga sejak awal dibeli oleh penjualnya.

“Jika bensin eceran mengalami penurunan kualitas karena terkontaminasi dengan bahan lain seperti minyak tertentu, air dll, dengan sengaja atau tidak, maka angka oktannya bisa turun,” ucap Suparna.

Akibatnya, tenaga mesin menjadi kurang maksimal karena mesin menyetel timing pengapian lebih mundur untuk mencegah mesin ngelitik.

Namun, jika tetap ngelitik, berarti kadar oktan dari bensin tersebut terlalu rendah.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved