Seminggu Jelang Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Sepi Calon Penumpang

Untuk saat ini, dari tujuh dermaga di Pelabuhan Bakauheni, hanya empat dermaga yang dioperasikan.

KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA
Kondisi areal loket kendaraan di Pelabuhan Bakauheni masih sepi meski memasuki H-6 lebaran, Selasa (19/5/2020). Kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak didominasi kendaraan logistik. (FOTO: Istimewa). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Satu pekan sebelum Idul Fitri, kondisi Pelabuhan Bakauheni masih sepi penumpang, baik dari arah Sumatera maupun dari Pulau Jawa.

Biasanya, mulai masuk H-6 lebaran, areal Pelabuhan Bakauheni mulai ramai dipadati calon pemudik, mulai dari pejalan kaki, kendaraan pribadi hingga bus penumpang.

Namun, pada Selasa (19/5/2020), areal parkir di setiap dermaga tampak lengang. Hanya terlihat beberapa kendaraan truk dan pengangkut logistik.

Para penumpang pejalan kaki pun hanya segelintir orang yang diperbolehkan naik ke kapal, setelah memenuhi semua dokumen persyaratan menyeberang.

Humas ASDP Pelabuhan Bakauheni Saifulahil Maslul Harahap mengatakan, penjualan tiket online bagi penumpang pejalan kaki dan kendaraan umum sudah ditutup.

Muncul Situs Gratis Tandingan Kartu Prakerja, Yunarto ke Jokowi: Keterlaluan Kalau Anda Diamkan

Direktur dan Komisaris PT LIB Mengundurkan Diri, Ini Komentar dan Harapan Rhendie Aridra

Namun, jika ada calon penumpang yang telah membawa semua dokumen persyaratan keluar daerah, maka akan diizinkan menaiki kapal.

“Kami akan seberangkan penumpang pejalan kaki kalau sudah lolos dan membawa syarat-syarat sesuai aturan Gugus Tugas,” kata Saiful saat dihubungi, Selasa.

Untuk saat ini, dari tujuh dermaga di Pelabuhan Bakauheni, hanya empat dermaga yang dioperasikan.

Menurut Saiful, fokus ASDP saat ini adalah penyeberangan kendaraan logistik sesuai Permenhub Nomor 25 Tahun 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Hari Sebelum Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Sepi Calon Penumpang", .
Penulis : Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya
Editor : Abba Gabrillin

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved