Teror Virus Corona

Kurva Penularan Covid-19 Melonjak, Ekonom UI : Pelonggaran PSBB Merupakan keputusan Di Luar Nalar

Menurut Ekonom UI, sangat tidak tepat jika pelonggaran PSBB dilaksanakan sementara kurva penularan virus corona justru meningkat tajam.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Tiga hari jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pasar Tradisional Ciluar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor dipadati warga. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Ekonom UI Fithra Faisal mengatakan, keputusan untuk merelaksasi PSBB adalah keputusan di luar nalar.

Bagiamana mungkin PSBB dilonggarkan, sementara kurva kasus Covid-19 di Indonesia kini sedang berada di puncak.

Selain itu, Pakar Epidemiologi Henry Surendra juga mengatakan kalau new normal masih sangat sulit dilakukan di Tanah Air.

Dilansir dari Youtube CNN Indonesia Jumat (22/5/2020), Henry Surendra mengatakan bahwa sebenarnya new normal itu kan adalah pilihan yang harus diambil karena memiliki 3 point penting di dalamnya.

"Yang pertama adalah para pakar virus dan epidemiologi dunia sepakat bahwasanya vaksinasi adalah cara yang paling efektif untuk menghentikan pandemi covid ini," kata dia.

Namun seperti yang diketahui, kata dia, pengembangan vaksin ini sendiri membutuhkan waktu yang lama.

"Bahkan WHO memperkirakan paling cepat adalah di akhir 2021, itu pun akan membutuhkan waktu dan SDM yang luar biasa untuk bisa mendistribusikan vaksin secara global," jelasnya.

Kemudian yang kedua, lanjut Henry Surendra, WHO juga menyampaikan hanya sedikit populasi dunia yang terbukti memiliki antibodi pada SARS COV 2 pada saat ini.

"Artinya mayoritas populasi dunia masih merupakan populasi yang rentan terjadi, ditambah lagi sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif dan aman untuk penyembuhan covid," jelasnya.

Sampai adanya vaksin yang aman dirilis secara global, kata dia, kita memang perlu melanjutkan upaya pencegahan penularan yang kita lakukan selama ini.

PSBB Kota Tegal Berakhir Hari Ini, Penutupan Ditandai dengan Sirene dan Pesta Kembang Api

Cegah Penyebaran Covid-19, Dr Tirta Beri 12 Saran untuk Bima Arya : Tutup Arus Balik ke Kota Bogor

Halaman
123
Penulis: Vivi Febrianti
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved