Breaking News:

Volume Kendaraan Pemudik Meningkat jelang Lebaran, Polisi Perketat Wilayah Jateng dan Jatim

Larangan mudik dari pemerintah, ternyata tidak serta merta membuat masyarakat menjadi patuh.

(KOMPAS.COM/SUKOCO)
Penyekatan di pintu keluar jalur tol Ngawi. Hindari penyekatan, puluhan pemudik dari Jakarta jurusan Nganjuk diturunkan di tengah jalur tol di Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Aksi nakal awak bus antar provinsi tersebut menurut warga setempat sudah beberapa kali dipergoki warga. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Larangan mudik dari pemerintah, ternyata tidak serta merta membuat masyarakat menjadi patuh.

Terbukti H-3 Lebaran, kendaraan para pemudik yang masuk ke berbagai daerah justru mengalami peningkatan. Kondisi ini pun membuat pengawasan di berbagai titik pos penyekatan kendaraan semakin diperketat.

Peningkatan jumlah kendaraan ini di antaranya terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY), Jawa Barat dan juga di wilayah Jawa Timur.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, menjelang Lebaran atau H-3 terlihat adanya peningkatan jumlah pengendara yang masuk ke wilayah DIY.

“Terlihat dari banyaknya kendaraan yang ternyata bukan plat dari DIY, melainkan dari luar wilayah,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

Jelang Lebaran, Polisi Jaring Puluhan Travel Gelap

I Made Agus menambahkan, guna menyikapi peningkatan jumlah kendaraan tersebut, pihaknya pun menginstruksikan kepada jajarannya agar memperketat penyekatan kendaraan di pos-pos penyekatan.

Lalu lintas padat di kawasan pusat perbelajaan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Untuk mengatasi kemacetan yang terus terjadi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut.

jaj
Lalu lintas padat di kawasan pusat perbelajaan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (13/6/2013). Untuk mengatasi kemacetan yang terus terjadi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut.(KOMPAS / LASTI KURNIA)

“Pengawasan di daerah perbatasan akan semakin diperketat jajaran Ditlantas Polda DIY yang dipusatkan di tiga pos check point, yakni di Prambanan, Kulonprogo dan juga di Tempel,” katanya.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya pendatang yang nekat mudik dan berpotensi menyebarkan virus Corona.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved