Lebaran 2020

Lebaran Hari Pertama, TPU Pondok Rajeg Cibinong Mulai Didatangi Peziarah

Tempat Pemakaman Umum (TPU), Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (24/5/2020) mulai banyak didatangi peziarah.

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Suasana TPU Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (24/5/2020) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Tempat Pemakaman Umum (TPU), Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (24/5/2020) mulai banyak didatangi peziarah.

Peziarah yang datang dari berbagai wilayah itu hadir usai melakukan sholat Idul Fitri 1441 H, baik yang dilaksanakan di rumah ataupun berjamaah yang dilakukan di masjid.

Seorang warga yang berasal dari Cikaret, Yunus mengatakan bahwa ziarah yang dilakukan pada saat Lebaran merupakan sudah menjadi hal yang rutin dan dilakukan setiap tahunnya.

"Kalau saya dan keluarga setiap jelang Ramadhan dan saat Lebaran selalu melakukan ziarah ke makam orang tua saya. Itu sudah menjadi keharusan. Kita memberikan doa agar orang tua kita tenang dan bahagia di sana," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com.

Lebih lanjut, Yunus menjelaskan bahwa sebelum membersihkan makam orang tuanya dan memberikan doa, dirinya terlebih dahulu membeli bunga yang dijual diarea pemakaman.

"Saya membawa sapu lidi untuk membersihkan makam dari daun-daun kering. Lalu kemudian menyabut rumput dan menaburkan bunga yang saya beli diarea pemakaman yang dijual warga sekitar. Setelah itu saya berdoa untuk orang tua saya," jelasnya.

Dalam melakukan ziarah, Yunus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah diberikan dan berbagai imbauan lainnya terkait pencegahan penyebaran virus corona.

"Saya menggunakan masker dan langsung mencuci tangan setelahnya. Intinya segala macam protokol kesehatan saya ikuti," ungkapnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved