Breaking News:

Dinkes Kabupaten Bogor: Angka Kehamilan 4 Bulan Terakhir Tidak Dipengaruhi Oleh Pandemi Corona

Angka kehamilan di Kabupaten Bogor pada 4 bulan terakhir dari Januari sampai April 2020 belum tentu dipengaruhi oleh pandemi corona

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dede Agung saat ditemui TribunnewsBogor.com di kantornya, Kamis (28/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Angka kehamilan di Kabupaten Bogor pada 4 bulan terakhir dari Januari sampai April 2020 belum tentu dipengaruhi oleh pandemi corona atau Covid-19 yang merebak.

Meskipun mereka hamil di tengah pandemi, tidak serta merta kehamilan ini berkaitan dengan pemberlakuan stay at home dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi.

"Kalau (kehamilan) dikaitkan dengan PSBB harus ada penelitian dan dipantaunya harus nanti, setelah PSBB, data itu, bukan data sekarang (Januari - April 2020)," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Bogor Dede Agung kepada TribunnewsBogor.com.

Dede menjelaskan bahwa siklus hamil seorang perempuan itu minimal selama 28 hari.

Seperti contoh data kehamilan pada bulan Januari 2020, data ini berkaitan dengan siklus hamil dari tahun sebelumnya yakni 2019 lalu yang bahkan saat itu pandemi corona belum merebak di Indonesia.

BREAKING NEWS - Tiga Staf Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dinyatakan Positif Virus Corona

Maka, jika ada tidaknya pengaruh pandemi corona terhadap jumlah kehamilan, baru bisa terlihat dari data yang masuk pada 2 bulan sampai 4 bulan berikutnya.

"Istilahnya si perempuan A haid 28 hari, nanti kan dia gak haid lagi 28 hari, berarti data 2 bulan ke depan itu bisa dilihat. Berarti kalau Maret, April, Mei, nanti diukurnya Juni - Juli baru dilihat tuh ada gak kenaikan. Kadang ada yang udah 3 bulan hamil baru merasa hamil, hitungan siklus haid aja 2 bulan kan ditambah lagi 3 bulan. Rata-rata 4 bulan ke depan harus dilihatnya (dianalisa)," kata Dede Agung.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved