Mudahnya Cetak KTP-el di Kota Bogor Secara Online, Perhatikan Syarat yang Harus Dilengkapi

Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor tetap melayani layanan kependudukan dan catatan sipil di tengah wabah pandemi Covid-19.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kadisdukcapil Kota Bogor Sujatmiko sedang memantau dan memperlihatkan teknis pengambilan KTP-EL yang sudah diajukan pemohonan melalui sistem online. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Dinas Kependudukan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Kota Bogor tetap melayani layanan kependudukan dan catatan sipil di tengah wabah pandemi Covid-19.

Pembukaan pelayanan tersebut dilakukan dengan menerapkan piket bagi petugas yang bertugas di kantor dan Work From Home (WFH).

Sementara itu untuk mengurangi antrean dan penumpukan pemohon, Disdukcapil Kota Bogor sudah menerapkan permohonan melalui aplikasi online Sikancil Berlari, Disdukcapilkotabogor. go.id/sikancil.

Kini layanan KTP-EL, KIA, KK, akta lahir, surat pindah melalui online.

Pantauan TribunnewsBogor.com di kantor Disdukcapil, Pemohon yang sudah mengajukan cetak KTP-el tinggal membawa bukti telah mendaftar obline dan keterangan kartu sudah dicetak.

Selanjutnya keterangan yang ada di layar handphone tersebut hanya tinggal diperlihatkan kepada petugas dan pemohon sudah langsung mendapatkan KTP-EL yang sudah dicetak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor Sujatmiko mengatakan pihaknya sudah memaksimalkan penerapan sistem online selama PSBB ataupun wabah pandemi Covid-19 untuk menhindari adanya kerumunan.

"Iya sesuai arahan pimpinan dan protokol kesehatan tidak boleh ada kerumunan makanya sejak awal kita sudah melaunching dan memaksimalkan layanan online, sehingga masyakatat datang hanya untuk ngambil saja," katanya saat ditemyi di Kantor Disdukcapil Kota Bogor, Selasa (2/6/2020).

Namun meski demikian pihaknya juga menyediakan ruang panduang ataupun pertanyaan bagi masyarakat yang sudah terlanjur datang ke Disdukcapil.

"Iya mereka yang sudah terlanjur datang dan belum paham kita kasih pemahaman dan panduan seperti didepan itu tadi," katanya.

Berikut persyaratan atau tahapan yang harus diikuti untuk mengakses layanan KTP-EL Disdukcapil Kota Bogor:

  • KTP-EL
  • Syarat scan KK dan suket/KTP lama/surat keterangan hilang
  • Kartu Keluarga
  • Syarat scan kk lama/surat keterangan hilang
  • Kartu identitas anak
  • Syarat scan akta lahir dan pas foto anak.
  • Akta kelahiran 
  • Syarat scan buku nikah suraat keterangan lahir dan formulir kelahiran.
  • Surat pindah syarat scan kk, ktp-el dan formulir surat pindah.
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved