Breaking News:

PSBB Transisi di Bogor

Masih Ada Kekurangan, Bogor Trade Mal Belum Siap Buka Saat Pandemi Covid-19

Bima Arya juga memberikan masukan kepada pengelola di dalam mal dibuat marka atau alur agar pengunjung berjalan sesuai aturan jaga jarak.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan pengecekan kesiapan pembukaan Mal BTM, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bogor, Selasa (9/6/2020), Pengecekena dilakukan dari mulai awal masuk Mal BTM, hingga ke dalam area mal dan lokasi lokasi yang beresiko terjadi penumpukan. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kesiapan Bogor Trade Mal untuk kembali beroperasional saat penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar Proporsional, Selasa (9/6/2020).

Setibanya di lokasi Bima Arya langsung meninjau jalur antrean untuk masuk ke dalam mal.

Sebelum masuk ke dalam mal nantinya pengunjung diwajibkan mencuci tangan di tiga titik wastafle yang sudah disediakan.

Selanjutnya pengunjung akan menjalani pengecekan suhu melalui mesin pengecekan suhu otomatis.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan konsep yang diterapkan BTM sudah cukup baik, namun ada beberapa catatan yang harus dilengkapi.

Di ataranya adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan pengawasan dan monitoring seluruh protokol kesehatan.

"Beberapa catatan tambahan ya, sistem yang baik ini harus diimbangi dengan kesiapan SDM nya juga," katanya setelah melakukan peninjaun persiapan pembukaan operasional Mal BTM di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bogor.

Kesiapan SDM yang dimaksud adalah penempatan petugas di beberapa titik yang beresiko terjadi penumpukan, seperti di eskalator, di tempat ibadah, di foodcort, dan lainnya agar tidak terjadi over kapasitas.

Bima Arya juga memberikan masukan kepada pengelola di dalam mal dibuat marka atau alur agar pengunjung berjalan sesuai aturan jaga jarak.

"Kalau biasa kan acak acakan, sekarang saya minta dibuat jalurnya (di dalam mal) jadi pengunjung baris ada alurnya seperti di foodcort, ikuti alurnya nanti silahkan milih (tanen yang akan dikunjungi) kalau dia suka dia berhenti kalau tidak jalan terus," kata Bima.

Nantinya setelah masukan tersebut sudah dilaksanakan oleh pengelola mal maka Pemkot Bogor melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan mengeluarkan surat izin simulasi atau ujicoba pembukaan mal selama satu minggu.

Jika simulaasi atau uji coba berjalan baik maka bisa diteruskan namun jika terjadi kekacauan Pemkot Bogor akan kembali menutup opersional mal untuk sementara.

Di tempat yang sama Direktur Mal BTM Samuel Koshan mengatakan bahwa pihaknya akan menyempurnakan kekurangan atau masukan yang diberikan oleh Tim dari Pemkot Bogor.

"Sudah dicatat semua masukan dan kita juga setelah ini tim kita akan bergerak untuk melakukan penyempurnaan mungkin butuh waktu dua hari," katanya.(*) 

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved