PSBB Transisi di Bogor

Aturan Baru Hotel di Bogor saat Pandemi, Tamu Sakit Dilarang Menginap

Boboy Ruswanto, pemeriksaan suhu tubuh menjadi standard baru dalam kondisi saat ini.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
ILUSTRASI - Karyawan Santika Bogor Hotel menggunakan Face shield untuk memperkatat protokol kesehatan 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Meski beberapa hotel di Kabupaten Bogor telah kembali dibuka, namun akan ada penyesuaian baru saat menginap di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Diutarakan oleh Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor, Boboy Ruswanto, pemeriksaan suhu tubuh menjadi standard baru dalam kondisi saat ini.

Pengunjung yang kedapatan sedang sakit atau menunjukkan suhu tubuh di atas normal, batuk, pilek, diare, dan sesak napas dilarang menginap di hotel.

Terkait dengan kewajiban membawa surat pernyataan bebas corona atau mengisi formulir deklarasi diri mengenai kondisi kesehatan hingga sejarah berpergian belum diwajibkan.

"Tapi kalau tamunya bawa lebih bagus. Tidak menjadi syarat, karena di hotel pun ada pemeriksaan thermogun," jelasnya dihubungi TribunnewsBogor.com, Senin (15/6/2020).

Selain itu, fasilitas publik di penginapan untuk sementara ditutup demi menekan risiko penyebaran virus corona penyebab sakit Covid-19.

Berdasarkan peraturan bupati Bogor, fasilitas hotel berupa kolam renang, spa, pijat, dan refleksi tidak diperkenankan.

Sejak mulai memasuki masa PSBB proporsional menuju new normal, Boboy mengaku terjadi peningkatan jumlah penghuni hotel di Kabupaten Bogor yang tergabung dalam PHRI.

Di Hotel New Ayuda Grup misalnya, peningkatan tersebut bahkan mencapai angka 30 persen saat akhir pekan.

"Hotel mulai pada buka dari libur lebaran. Tapi apakah sudah semua atau belum, kami belum dapat info lagi. Itu tergantung dari kebijakan manajemen hotelnya, karena menyangkut pembagian tenaga kerjanya juga," jelas Boboy.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, lanjutnya, hotel-hotel wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Acuannya, terdapat dalam Peraturan Bupati Bogor Nomor 35 tahun 2020.(*)

Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved