Breaking News:

Virus Corona di Bogor

Akad Nikah Boleh Dilaksanakan di Luar KUA saat Pandemi, Ini Syaratnya

Resepsi pernikahan sementara ini masih dilarang oleh pemerintah karena menyebabkan kerumunan orang yang dinilai rentan akan penyebaran virus

Kompas.com/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi menikah - Akad Nikah Tetap Diperbolehkan Saat Pandemi Covid-19, Begini Cara Penerapan Protokolnya Agar Aman 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Resepsi pernikahan sementara ini masih dilarang oleh pemerintah karena menyebabkan kerumunan orang yang dinilai rentan akan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Meski begitu, untuk akad nikah masih diperbolehkan namun dengan penerapan protokol kesehatan.

"Kalau akad nikah memang gak dilarang, baik dari Perbup (Peraturan Bupati) maupun dari pusatnya," kata Staf Kepala Seksi (Kasi) Urusan Agama Islam (Urais) Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor, Entus Hilman kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (19/6/2020).

Dia menjelaskan bahwa saat Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) pertama diberlakukan, akad nikah hanya diperbolehkan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Namun sekarang aturan tersebut diperlonggar sehingga akad nikah bisa dilakukan di luar kantor KUA.

"Di surat edaran terbaru boleh dilakukan di luar KUA," kata Entus Hilman.

Namun tetap diberlakukan ketentuan protokol kesehatan seperti hanya dihadiri oleh keluarga inti yang mana di dalam ruangan akad nikah maksimal 10 orang.

Seluruh yang hadir termasuk pasangan pengantin diharuskan mengenakan masker.

"Seluruh yang hadir harus pakai masker, kemudian cuci tangan dulu, kemudian wali hakim, penghulu dan pengantin laki-lakinya karena nanti berjabat tangan, selain pakai masker harus juga pakai sarung tangan," ungkap Entus Hilman.

Untuk biaya, kata dia, tetap standar dengan biaya Rp 600 ribu untuk akad nikah di luar KUA dan tanpa biaya atau gratis untuk akad nikah di kantor KUA di hari kerja.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved