Breaking News:

Info Otomotif

Kenapa Mobil Jarang Dipakai Ban Bisa Kempis? Tenryata Ini Penyebabnya

Mobil yang jarang dipakai bukan berarti kondisinya lebih bagus, dibandingkan dengan yang sering digunakan.

GridOto.com
Pengecekan tekanan angin ban mobil 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Mobil yang jarang dipakai bukan berarti kondisinya lebih bagus, dibandingkan dengan yang sering digunakan.

Sebaliknya, mobil yang banyak diam dan terparkir di garasi justru rawan terhadap berbagai permasalahan, salah satunya adalah ban kempis.

Meskipun kondisi ban tidak mengalami bocor, menyusutnya udara pada ban menjadi hal yang sering terjadi pada roda mobil yang jarang digunakan.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menjelaskan, berkurangnya udara dari dalam ban menjadi hal yang wajar jika mobil lama tidak digunakan.

Hal ini disebabkan lantaran konstruksi karet ban tidak sepenuhnya rapat dan mampu menahan udara dari dalam ban agar tidak keluar.

“Konstruksi ban tidaklah benar-benar padat, tapi ada pori-porinya yang kecil sekali atau bahkan pelek juga kadang ada (pori-porinya). Tekanan udara dari dalam ban bisa keluar melalui pori-pori itu,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (25/6/2020).

Zulpata menambahkan, kondisi tersebut memang tidak bisa dihindarkan jika mobil lebih banyak terparkir dan tidak pernah digunakan.

Untuk mengantisipasinya, yaitu dengan menggunakan kendaraan sehingga roda bisa berputar dan udara yang ada di dalam ban tetap terjaga.

“Saat kendaraan dipakai, maka udara di dalam ban menjadi hangat dan tekanan udara di dalamnya juga akan lebih terjaga. Sehingga, udara yang ada di dalamnya tidak keluar,” ucapnya.

Selain itu, Zulpata menambahkan, bisa juga dengan mengganti udara biasa dengan jenis lain yang memiliki molekul udara lebih besar, salah satunya dengan udara nitrogen.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved