KPU Didorong untuk Maksimalkan Media Sosial dalam Pendidikan Pemilih

Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Bogor didorong untuk memaksimalkan media sosial

istimewa
Diskusi daring yang digagas KPU Provinsi Jawa Barat diisi narasumber Political and Government Outreach Facebook Asia Pasifik (APAC), Noudy Valdryno. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Bogor didorong untuk memaksimalkan media sosial dalam pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat.

Hal ini dibahas dalam diskusi daring yang digagas KPU Provinsi Jawa Barat yang diikuti KPU dari berbagai daerah dengan narasumber Political and Government Outreach Facebook Asia Pasifik (APAC), Noudy Valdryno.

Dia mendorong institusi pemerintahan menggunakan laman fanpage media sosial yang resmi untuk dimanfaatkan pemangku kepentingan di lembaga tersebut.

"Fanpage Facebook bisa dipakai untuk individu seperti politisi dan calon kepala daerah yang saat ini sedang bersiap menghadapi pilkada serentak 2020. Tak hanya itu, pelaku UMKM dan komunitas juga bisa," kata Noudy Valdryno via Humas KPU Kabupaten Bogor, Selasa (30/6/2020).

Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok menambahkan bahwa peran media sosial saat ini sangat penting khususnya bagi penyelenggara pilkada.

Pelajaran dari pemilu 2019 dengan berbagai macam isu berita bohong yang menyerang KPU RI secara institusional, menjadi amunisi berharga bagi penyelenggara pilkada serentak 2020 untuk lebih optimal lagi dalam melakukan sosialisasi tahapan pilkada, pendidikan pemilih, serta menjaring partisipasi masyarakat lebih luas.

“Jangan sampai seperti di Pemilu 2019 lalu, ada banyak pertanyaan dan bullying yang ditujukan ke KPU RI melalui medsos, namun tidak ditanggapi atau tidak dikomentari. Jangan sampai hal ini terulang. Ini menjadi bekal berharga khususnya bagi penyelenggara pilkada serentak 2020 untuk lebih responsif dalam menjawab pertanyaan dan komentar di media sosial atau medsos,” kata Rifqi Ali Mubarok.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved