Penggunaan PIN Kartu Kredit Mulai Berlaku Hari Ini

Hal ini sesuai mandat Bank Indonesia (BI), yakni mulai 1 Juli 2020, dimana autentikasi melalui tanda tangan tidak akan lagi diterima.

Editor: Vivi Febrianti
Pixabay
Ilustrasi kartu kredit 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Mulai hari ini, transaksi kartu kredit di Indonesia wajib menggunakan PIN (Personal Identification Number) sebanyak enam digit saat melakukan transaksi.

Hal ini sesuai mandat Bank Indonesia (BI), yakni mulai 1 Juli 2020, dimana autentikasi melalui tanda tangan tidak akan lagi diterima.

Sebelumnya beberapa perusahaan perbankan dan provider penerbit kartu kredit secara gencar melakukan sosialisasi penggunaan PIN untuk memudahkan transaksi secara elektronik.

Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) juga melakukan sosialisasi kepada para pemegang kartu kredit dalam kampanye WAJIPIN untuk mendorong pemegang kartu kredit segera mengaktifkan PIN kartu kredit.

Dalam aturan ini, semua transaksi kartu kredit yang tidak menggunakan autentikasi PIN akan langsung ditolak oleh mesin Electronic Data Capture (EDC) di merchant.

Transaksi kartu kredit dengan menggunakan PIN juga dinilai lebih aman karena mengurangi potensi pembobolan dana oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau skimming. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini Wajib PIN Kartu Kredit Mulai Berlaku"
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Bambang P. Jatmiko

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved