Breaking News:

Genjot UMKM Ditengah Pandemi Covid-19, Ganjar Pranowo Gandeng Bank Jateng dan PT BKK Jateng

Kekuatan kebangkitan ekonomi salah satunya dengan menghidupkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama yang ada di Jateng.

istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penandatanganan kerja sama Bank Jateng, Kamis (2/7/2020) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SEMARANG -- Upaya membangkitkan sektor ekonomi di tengah pandemi terus dilakukan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kekuatan kebangkitan ekonomi salah satunya dengan menghidupkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama yang ada di Jawa Tengah.

“Tantangan saat ini adalah membangkitkan kembali ekonomi dengan mencari momentum pijakan. Kekuatan saat ini apa, ya UMKM,” ujar Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penandatanganan kerja sama Bank Jateng dengan PT BKK Jateng untuk pengembangan UMKM di Jawa Tengah, Kamis (2/7/2020).

UMKM lanjut Ganjar memang menjadi salah satu andalan Jateng untuk bangkit di sektor ekonomi. Selain industri menengah dan industri besar, UMKM Jateng memiliki pangsa pasar dan potensi yang sangat besar.

Selain itu, UKM juga sudah terbukti tetap bisa survive (bertahan) di tengah pandemi. Hal itu dilihat saat meluncurkan sejumlah program seperti pembuatan masker dan pemberian bantuan bahan baku untuk industri boga.

"Kami sudah lakukan pemanasan, di tengah pandemi ini, mereka bisa buat masker, hazmat dan makanan. Artinya mereka bisa, tinggal kita bantu dampingi dan ayo dibeli. Maka saya sedang mendorong, yuk mulai dari pemerintah, instansi dan lembaga untuk membeli produk UKM. Kita berikan kesempatan pada mereka agar bisa survive (bertahan), mari kita tunjukkan keberpihakan," ucapnya.

Untuk itu, Ganjar mengapresiasi langkah Bank Jateng yang bekerjasama dengan PT BKK Jateng tersebut untuk mendukung perkembangan UMKM di Jawa Tengah.

“Sekarang kita coba Bank Jateng dan PT BKK Jateng untuk membantu permodalan dan pendampingan. Selain itu juga sudah disiapkan marketplace Bimart atau Bima Market. Kita harapkan UMKM tetap survive, kualitasnya harus tidak biasa-biasa saja dan masuk kelas menangah, syukur-syukur (kualitas) atas,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penandatanganan kerja sama Bank Jateng, Kamis (2/7/2020)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara penandatanganan kerja sama Bank Jateng, Kamis (2/7/2020) (istimewa)

Ganjar membeberkan kunci keberhasilan pendampingan UMKM saat ini adalah marketing, teknologi informasi, budgetting, dan akses produk.

“Bukan permodalan yang pertama dibutuhkan. Ternyata yang dibutuhkan masyarakat itu marketing, penggunaan teknologi, budgeting, dan akses produk. Kita latih mereka, karena inilah kekuatan ekonomi di masa pandemi,” paparnya.

Halaman
12
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved