Breaking News:

Info Kesehatan

Ladies, Ternyata Ini Penyebab Payudara Sering Nyeri Saat PMS

Gejala-gejala ini biasanya menjadi lebih baik setelah menstruasi dimulai dan sering menghilang pada akhir masa menstruasi.

Tribunnews.com
Ilustrasi payudara nyeri 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- PMS (Pre-Menstrual Syndrome) adalah nama yang diberikan untuk gejala fisik dan emosional yang memengaruhi kehidupan sehari-hari wanita dalam 2 minggu sebelum menstruasi.

Gejala-gejala ini biasanya menjadi lebih baik setelah menstruasi dimulai dan sering menghilang pada akhir masa menstruasi.

Hampir semua wanita memiliki beberapa gejala pramenstruasi.

Gejala masing-masing wanita unik mulai dari perasaan tertekan, perubahan suasana hati hingga payudara yang membesar dan nyeri.

Pada beberapa wanita, PMS terasa sangat mengganggu bahkan hingga memengaruhi kualitas hidup seorang wanita dan secara tidak langsung memengaruhi kehidupan sosial dan keluarganya.

Dr. Vaishali Joshi, spesialis obstetri dan ginekologi, menjelaskan kaitan antara payudara yang nyeri dan siklus menstruasi.

Menurutnya, setiap wanita dalam rentang hidupnya mengalami nyeri atau ketidaknyamanan payudara yang juga disebut 'mastalgia'.

Poin paling penting yang perlu diperhatikan adalah, hal ini tidak selalu terkait dengan kanker payudara.

Jaringan payudara merespons hormon wanita, yaitu estrogen dan progesteron.

Jumlah kelenjar susu dan saluran relatif lebih banyak berada di usia yang lebih muda daripada usia peri-menopause, dibandingkan dengan lemak, jaringan fibrosa, kelenjar getah bening, pembuluh darah dan saraf.

Halaman
1234
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved