Breaking News:

Tak Berizin, Pemilik Water Park di Rancabungur Bogor Dikenakan Sanksi Denda Rp 50 Juta

Pemilik bangunan tersebut dijatuhi sanksi denda dalam putusan Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Kelas IIA Cibinong pada Kamis (16/7

istimewa
Water Park di kawasan Rancabungur, Kabupaten Bogor disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kamis (9/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Pemilik bangunan beserta water park di kawasan Rancabungur yang merupakan Yayasan Ashokal Hajar (Borcess) diberi sanksi denda Rp 50 juta karena melakukan pembangunan tanpa izin.

Pemilik bangunan tersebut dijatuhi sanksi denda dalam putusan Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Kelas IIA Cibinong pada Kamis (16/7/2020).

Mereka terbukti melanggar Izin Mendirikan Bangunan dan Gedung (IMBG).

"Melanggar IMBG, kemarin kita sidangkan, didenda Rp 50 juta," kata Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kabupaten Bogor, Joko Widodo kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (17/7/2020).

Yayasan tersebut menjalani sidang Tipiring karena kedapatan tengah membangun gedung kampus Borces di Lahan Pengan Pertanian Berkelanjutan (LP2B) atau berada lahan basah sesuai Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Sebelumnya, kawasan pembangunan itu disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor pada Kamis (9/7/2020).

"Sudah satu tahun lebih dia membangun itu. Seharusnya dari dulu sudah diingatkan bahwa perizinannya ditolak. Ada pelanggaran tata ruang yang belum sesuai peruntukannya. Hari ini kita segel dulu supaya tidak ada pembangunan," kata Plt Kasat Pol PP Kabupaten Bogor, Dace Supriadi kepada TribunnewsBogor.com di Cibinong.

Dia menduga bahwa ada oknum yang memberikan peluang agar pembangunan tersebut tetap dilakukan meski belum ada izin.

"Pihak-pihak yang memberikan angin surga justru kita tidak tahu, sampai satu tahun berjalan, kita sedang selidiki. Karena seharusnya ketika izin ditolak, sementara bangunan yang ada luar biasa mewahnya, di belakangnya juga full kolam renang," ungkap Dace.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved