Breaking News:

Idul Adha 2020

Ini Rangkaian Ibadah Idul Adha Menurut MUI Kabupaten Bogor, Dimulai Dari H-2

Idul Adha 2020 atau 1441 Hijriah pada tanggal 10 Zulhijah ditetapkan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Ilustrasi Pelaksanaan Salat Idul Adha berjamaah di Bogor tepatnya di Taman Asrid, Kebun Raya Bogor, Minggu (11/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Idul Adha 2020 atau 1441 Hijriah pada tanggal 10 Zulhijah ditetapkan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 berdasarkan hasil sidang isbat.

Idul Adha ini merupakan hari raya dalam Islam dan dalam hari raya ini dikenal dengan pemotongan hewan kurban untuk dibagikan dagingnya kepada orang-orang yang berhak (mustahik).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Ahmad Mukri Aji menjelaskan bahwa ada beberapa amalan atau ibadah yang bisa dilakukan sebelum perayaan Idul Adha ini.

Diantaranya adalah puasa sunat sejak 2 hari sebelum hari Idul Adha.

"Apabila Idul Adha bertepatan tanggal 31 Juli 2020, hari Jumat, Rabunya disunatkan puasa Tarwiah namanya," kata Ahmad Mukri Aji kepada TribunnewsBogor.com.

Puasa sunat Tarwiah ini dalam Hijriah jatuh pada tanggal 8 Zulhijah atau 2 hari jelang Idul Adha dan memang biasa dilakukan jelang Idul Adha tiap tahunnya.

Kemudian keesokan harinya ada ibadah puasa Arafah atau sehari jelang Idul Adha.

"Kamisnya puasa Arafah dan Jumatnya (31 Juli 2020) salat Idul Adha, rangkaiannya itu. Setelah itu berkurban bagi yang mampu," ungkap Ahmad Mukri Aji.

Hukum Puasa Tarwiah dan Puasa Arafah ini, kata Mukri Aji adalah sunat, sedangkan Salat Idul Adha adalah sunat muakad atau sunat yang dianjurkan.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved