Breaking News:

Kelanjutan Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor, Pemkot Lakukan Redesign Masjid

Melalui rapat kerja IV DKM Masjid Agung Kota Bogor pembangunan Masjid Agung Kota Bogor kembali dilanjutkan.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
rapat kerja IV DKM Masjid Agung Kota Bogor pembangunan Masjid Agung Kota Bogor di Gedung PPIB Kota Bogor, Rabu (22/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor masih dalam tahap proses redesign.

Sebelumnya pembangunan Masjid Agung Kota Bogor mangkarak setelah ada temuan dari Inspektorat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017 lalu.

Melalui rapat kerja IV DKM Masjid Agung Kota Bogor pembangunan Masjid Agung Kota Bogor kembali dilanjutkan.

Namun ada beberapa perubahan yang dilakukan dalam kelanjutan pembangunan Masjid Agung.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa saat ini kelanjutan Masjid Agung Kota Bogor masuk dalam tahap men mengintegrasikan masjid  dengan rencana pembangunan alun alun.

"Jadi mungkin ada perubahan design karena kan alun-alun harusnya tahun ini tapi mungkin ditunda ketika masa tunda ini kita akan kordinasi dengan Jawa Barat agar alun-alun ini terintegrasi dengan masjid dan kita juga akan kordinasi dengan pt kereta api," katanya setelah menghadiri rapat di PPIB Bogor, Rabu (22/7/2020).

Dilokasi yang sama Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Chusnul Rozaki mengatakan sambil melakukan redisign pihaknya masih menunggu rekomendasi kementerian PUPR untuk penguatan kontruksi Masjid Agung.

"Kemudian nanti kita lelangkan untuk perencanaan redesignnya itu dari designnya dan sekarang masih berjalan untuk designya dan sekarang kita pendetailan untuk sampai kepada anggaran yang dibutuhkan dan nanti redisign apa saja yang dibutuhkan dan tahapannya itu yang kita masih lakukan," ujarnya.

Chusnul mengatakan dilihat dari sisi anggaran dan proses redisign diperkirakan kelanjutan pembangunan Masjid Agung Kota Bogor akan memakan waktu dua tahun.

"Artinya itu tergantung dari kemampuan apbd kota itu sendiri untuk kita sama sama menyelesaikan, kalau saya sih inginnya ini segera selesai karena ini kan sangat dibutuhkan oleh masyarakat disana ya kurang lebih kan mangkrak 4 tahun," katanya.

Ketua DKM Masjid Agung, Dede mengatakan bahwa design Masjid Agung nantinya akan terintegrasi dengan alun-alun.

Namun meski demikian Ia berharap pembangunan Masjid Agung Kota Bogor juga memperhatikan kekuatan kontruksi agar jamaan aman dan nyaman saat beribadah.

"Semua terkondisi dengan struktur bangunan yang kokoh, bersih, aman dan nyaman," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved