Breaking News:

Pemkab Bogor Peringati Hari Anak Nasional Secara Virtual, Rapid Test Untuk Anak Segera Digelar

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2020 digelar jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya

Diskominfo Kabupaten Bogor
Pemkab Bogor peringati Hari Anak Nasional (HAN) 2020 secara virtual karena pandemi yang masih belum usai, Kamis (23/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2020 digelar jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena pandemi corona atau Covid-19 yang masih merebak, Kamis (23/7/2020).

Acara peringatan ini digelar secara virtual dipusatkan di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor dengan dihadiri Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan dan beberapa perangkat daerah.

Iwan Setiawan mengatakan bahwa momen ini merupakan momentum untuk meneguhkan komitmen pemenuhan hak-hak anak seperti tumbuh kembang anak, berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

"Peringatan HAN tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kita masih dalam suasana Pandemi Covid-19, tapi ini semua merupakan momentum untuk meneguhkan komitmen kita semua dalam mengupayakan pemenuhan hak-hak anak," kata Iwan Setiawan kepada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Pemenuhan hak anak ini, kata dia, menjadi sangat penting karena anak-anak terdampak langsung dari Pandemi Covid-19.

Termasuk di dalamnya sistem pendidikan, layanan perlindungan anak, kehidupan ekonomi keluarga, hingga perubahan interaksi sosial dalam masyarakat tempat mereka tumbuh.

"Tema HAN tahun ini sangat baik, Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Tapi jangan sampai tema yang bagus itu hanya sekedar pemanis, tapi tidak ada tindakan nyata dari kita semua,” kata Iwan Setiawan.

Dalam acara ini, secara simbolis Wakil Bupati Bogor memberikan bantuan 1000 masker dan 50 kaos untuk SMPN 2 Cibinong serta bantuan lain yang diberikan pada peringatan HAN tahun 2020 berupa 631 akta kelahiran, 1003 KIA, 50 paket sembako dan 20 alat bantu disabilitas.

Rencananya, dalam waktu dekat, Pemkab Bogor juga akan menggelar rapid tes secara massal di sekolah untuk para murid dan guru.

"Dalam waktu dekat ini kita bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Bogor akan lakukan rapid test di sekolah. Tapi kita juga menyesuaikan, nanti dilaksanakannya mungki, sehubung anaknya belum masuk, jadi prioritas guru yang mengajar dulu dalam waktu dekat ini," tambah Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Nurhayati.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved