Breaking News:

Ada Danau Resapan Beralih Fungsi Jadi Perumahan, Ini Respon Menteri Sofyan Djalil

Keluhan adanya danau atau setu yang beralih fungsi jadi perumahan ini disampaikan oleh perwakilan Pemerintah Kota Depok dalam rapat di Bogor

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil di Megamendung, Puncak Bogor, Senin (27/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil terima keluhan adanya danau resapan yang beralih fungsi menjadi perumahan.

Keluhan adanya danau atau setu yang beralih fungsi jadi perumahan ini disampaikan oleh perwakilan Pemerintah Kota Depok dalam rapat koordinasi di Hotel Pullman, Megamendung, Kabupaten Bogor, Senin (27/7/2020).

Tidak hanya itu, perumahan yang berdiri di lahan danau resapan di Depok tersebut juga disebut-sebut sudah memiliki sertifikat.

Danau yang berubah jadi perumahan tersebut merupakan satu dari 5 danau atau situ yang kini telah hilang.

"Kalau sertifikat dia ada kita akan batalkan, kita kembalikan. Kalau sudah jadi rumah, kita lihat nanti," kata Sofyan Djalil kepada wartawan.

Dia menjelaskan bahwa kondisi serupa juga terjadi di Tangerang yakni adanya penguasaan lahan danau atau situ oleh perorangan.

Sementara untuk di Bogor, Sofyan mengaku belum mendapat laporan terkait alih fungsi danau atau situ ini.

"Kalau di sini (Bogor) belum tahu, tapi kemarin yang di Tengerang jelas, di atas badan air keluar sertifikat, itu akan kita batalkan. Prinsipnya situ itu kan milik publik, tanah negara, tapi kok bisa dikuasai. Itu karena lama sekali pembiaran," kata Sofyan Djalil.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved