Virus Corona di Bogor

Jumlah Pegawai Puskesmas di Kota Bogor yang Positif Covid-19 Bertambah, Totalnya Kini 30 Orang

Peningkatan jumlah tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif itu berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 974 pegawai dari 25 puskesmas dan satu labor

Editor: Ardhi Sanjaya
Kompas.com
Seorang petugas sedang melakukan penyemprotan disinfektan di salah satu puskesmas di Kota Bogor yang terindikasi menjadi lokasi penyebaran virus corona, Rabu (12/8/2020).(KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari pusat kesehatan masyarakat ( Puskesmas) di Kota Bogor, Jawa Barat, bertambah.

Total hingga kini, sudah ada 30 orang tenaga medis dan non-medis yang bekerja di fasilitas kesehatan tersebut terpapar virus corona, dari yang sebelumnya berjumlah 27 pegawai.

Peningkatan jumlah tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif itu berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 974 pegawai dari 25 puskesmas dan satu laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) di Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno menuturkan, pihaknya juga melakukan penutupan terhadap enam layanan puskemas.

Sebelumnya, Dinkes Kota Bogor telah menutup lima puskesmas.

Enam layanan puskesmas yang ditutup sementara adalah Puskesmas Mekarwangi, Puskesmas Cipaku, Puskesmas Bogor Utara, Puskesmas Gang Aut, Puskesmas Sindang Barang, dan Puskesmas Semplak.

"Dari pemeriksaan tersebut didapat 30 orang dengan hasil positif, dengan rincian 19 orang warga Kota Bogor dan 11 warga luar Kota Bogor," ucap Retno, Kamis (13/8/2020).

Dia menjelaskan, penutupan Puskesmas dilakukan selama tiga hari ke depan dan akan didisinfeksi secara menyeluruh.

Selain itu, sambung Retno, seluruh pegawai Puskesmas akan dilakukan pemeriksaan rapid dan tes usap ulang untuk memastikan kondisi kesehatannya.

"Pelayanan akan dibuka kembali lagi pada tanggal 15 Agustus 2020 dengan dibatasi hanya untuk kunjungan sakit, gawat darurat dan rujukan. Pelayanan akan kembali normal setelah ada hasil swab ulang pegawai," sebutnya.

Untuk sementara, lanjut dia, layanan puskesmas yang ditutup itu dialihkan ke lokasi lain.

Pelayanan darurat dan rujukan BPJS Puskesmas Mekarwangi dialihkan ke Puskesmas Kedung Badak.

Layanan Puskesmas Cipaku dialihkan ke Puskesmas Bogor Selatan.

Layanan Puskesmas Bogor Utara dialihkan ke Puskesmas Tegal Gundil.

Layanan Puskesmas Sindang Barang dialihkan ke Puskesmas Pasir Mulya, dan Puskesmas Semplak ke Puskesmas Gang Kelor.

"Selanjutnya kita akan melakukan disinfeksi menyeluruh dan melakukan pelatihan ulang dan evaluasi terhadap standar pencegahan infeksi di puskesmas dan protokol kesehatannya," tutup Retno.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pegawai Puskesmas di Bogor yang Positif Covid-19 Kini 30 Orang

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved