Breaking News:

Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana BOS, 5 Kepala Sekolah di Kota Bogor Diberhentikan

Aries menjelaskan untuk PNS yang terjerat kasus korupsi sudah ditetapkan tersangka dan ditahan maka pns tersebur diberhentikan sementara dari PNS.

istimewa
ilustrasi korupsi 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Lima dari enam orang kepala sekolah tersangka kasus dugaan penyalahgunaan dana BOS tahun anggaran 2017 - 20219 yang masih menyandang status Pegawai Negeri Sipil kini diberhwntikan sementara.

Kepala Bidang Formasi Data dan Kepangka­tan Badan Kepega­waian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK­PSDM) Kota Bogor, Aries Hendardi mengatakan pemberhentian sementara ditetapkan setelah adanya penetapan tersangka oleh institusi terkait.

Aries menjelaskan untuk PNS yang terjerat kasus korupsi sudah ditetapkan tersangka dan ditahan maka pns tersebur diberhentikan sementara dari PNS.

"Ketika diberhentikan sementara  di berikan hak gaji 75%," ujarnya.

Aries mengatakan bahwa pemberhentian sementara dilakukan sampai ada putusan terkait kasus yang menjerat PNS tersebut.

"statusnya siberhentikan sementara sejak ditahan sampai dengan adanya penghentian penyidikan atau adanya putusan pengadilan yang telah mempunyai hukum tetap," ujarnya.

Selain diberhentikan sementara PNS yang terjerat kasus hukum juga tidak bisa mengajukan pensiun dini.

"Kalau untuk mengajukan pensiun dini, gak bisa karena PNS yang telah ditetapkan jadi tersangka dan ditahan oleh pejabat yang berwenang tidak bisa disetujui untuk mengajukan pengunduran diri dari PNS sesuai PP No. 11/2017 ttg Manajemen PNS," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved