Breaking News:

Selain Hormon dan Kebersihan, Ternyata 2 Jenis Makanan Ini Sebabkan Jerawat

Sebuah penelitian baru menunjukkan, bahwa mengonsumsi makanan tertentu kemungkinan terkait dengan timbulnya jerawat.

Editor: Vivi Febrianti
Shutterstock
ilustrasi noda bekas jerawat 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Tak peduli berapa pun usia kita, munculnya jerawat bukan hanya membuat tak nyaman, tapi juga mengganggu penampilan.

Banyak penyebab timbulnya jerawat, di antaranya hormon dan kulit wajah yang kotor.

Selain itu, beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan jerawat lho.

Sebuah penelitian baru menunjukkan, bahwa mengonsumsi makanan tertentu kemungkinan terkait dengan timbulnya jerawat.

Penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA Dermatology, meneliti hasil survei diet 24 jam bahwa 24.000 orang dewasa dari berbagai usia — rata-rata 57 tahun — melakukan pencatatan sendiri.

Setiap individu dalam penelitian ini, melaporkan mengalami jerawat saat ini, pernah mengalaminya di masa lalu tetapi tidak saat ini, atau tidak pernah berjerawat.

Di antara peserta yang mengatakan bahwa mereka saat ini berjerawat, para peneliti dapat menunjukkan korelasi antara pola makan mereka masing-masing.

Secara umum, mereka yang mengalami kulit berjerawat melaporkan, bahwa mereka telah mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi lemak, tinggi gula, atau kombinasi keduanya.

Dari hasilnya terlihat, responden yang mengatakan mereka berjerawat saat ini, 54% lebih mungkin mengonsumsi makanan kaya lemak, tinggi gula, atau keduanya - dibandingkan mereka yang tidak pernah berjerawat.

Selain itu, mereka yang berjerawat, 76% lebih mungkin melaporkan setidaknya minum lima porsi susu sehari dibandingkan mereka yang mengatakan tidak memiliki riwayat jerawat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved