Breaking News:

Warga Bogor Utara Sumbang Darah untuk Persediaan PMI Kota Bogor

Pelaksanaan donor darah tersebut dilaksanakan sebagai gerakan aksi sosial untuk mencukupi stok ataupun kebutuhan darah PMI Kota Bogor yang nantinya ak

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kecamatan Bogor Utara turut serta dalam kegiatan roadsow donor darah yang diadakan oleh PMI dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kecamatan Bogor Utara turut serta dalam kegiatan roadsow donor darah yang diadakan oleh PMI dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia, Sabtu (22/8/2020).

Pelaksanaan donor darah tersebut dilaksanakan sebagai gerakan aksi sosial untuk mencukupi stok ataupun kebutuhan darah PMI Kota Bogor yang nantinya akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan.

Camat Bogor Utara Marse Hendra Saputra mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi acaraa tersebut untuk menyiapkan tempat dengan protokol kesehatan yang ketat dan mengkordinir warga yang ingin mengikuti aksi donor darah.

"Kita juga coba kolaborasikan kegiatan ini dengan berbagai element dan intansi serta organisasi lainnya alhamdulillah dari rekan rekan pramuka ikut membantu kemudian rekan-rekan dari karang tarunan rekan dari GMKB, rekan-rekan dari Brimob juga ikut membantu," ujarnya.

Dalam aksi donor darah tersebut ditargetkan tekumpul lebih dari 100 kantong darah.

Marse menjelaskan untung menghindari kerumunan dan penumpukan setiap pendonor dibagi kedalam tiga kelompok.

Kelompok pertama melaksanakan di satu jam pertama kelompok kedua di jam kedua dan kelompok ke tiga di jam ketiga..

"kita bagi waktu ini tiga jam, jadi sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB Insnya Allah selesai, ini juga dalam kegiatan tetap kita perang melawan covid, sehingga prinsip protokol kesehatan tetap dilakukan dilapangan juga kita jaga jarak, yang menunggu juga tidak bertumpuk, selalu menggunakan masker dan juga kita siapkan keran air untuk cuci tangan, jadi warga yang datang wajib cuci tangan di cek suhu tubuh masuk bilik desinfektan baru mendaftar sesudah pulang dari sini pun cuci tangan," ujarnya.

Marse mengatakan aksi sosial donor darah ini juga dilakukan untuk membantu para penderita thalassaemia

"Kebutuhan kantong darah cukup tinggi sedangkan masa pandemi ini orang ragu ragu utnuk melakukan donor darah, dan kebutuhan rutin itu pasti ada karena ada penderita thalassaemia yang membutuhkan darah ada yang rutin satu minggu sekali membutuhkan darah ada yang sebulan sekali butuh darah," ujarnya.

Kedepan kata Marse kegiatan donor darah juga akan rutin dilaksanakn di Kecamatan Bogor Utara untuk bisa membanti warga yang membutuhkan.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved